Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Potensi Ekonomi Kabupaten Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Potensi Ekonomi Kabupaten Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Potensi Ekonomi Kabupaten Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

3. Kabupaten Kapuas Hulu

Luas Wilayah dan Letak Geografis

Kabupaten Kapuas Hulu beribukota di Putussibau dan memiliki luas wilayah 29.842 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 222.160 jiwa.

Potensi Ekonomi

Kehutanan: Kapuas Hulu memiliki hasil hutan yang melimpah, terutama kayu bulat dari jenis meranti, rimba campuran, dan kayu indah. Sektor kehutanan menjadi andalan utama perekonomian daerah ini.

Perikanan: Danau Sentarum yang berada di wilayah ini menjadi habitat puluhan jenis ikan hias seperti arwana dan ulanguli. Selain itu, daerah hulu sungai Kapuas juga menjadi habitat berbagai jenis ikan konsumsi seperti jelawat, semah, toman, dan lain-lain.

Tantangan dan Peluang

Tantangan: Pemeliharaan dan keberlanjutan sumber daya alam serta akses transportasi yang masih terbatas.

Peluang: Pengembangan sektor perikanan dengan teknik budidaya modern dan peningkatan akses transportasi dapat mendorong perekonomian daerah.

4. Kabupaten Sekadau

Luas Wilayah dan Letak Geografis

Sekadau memiliki posisi strategis dengan jalur transportasi segitiga yang menghubungkan berbagai daerah.

Potensi Ekonomi

Pertanian: Sekadau memiliki potensi besar di sektor pertanian dengan produksi padi, jagung, ubi, dan sayur-mayur yang melimpah. Pertanian menjadi sektor andalan masyarakat.

Pariwisata: Desa Wisata Biaban dengan daya tarik alam yang indah, terutama sungai dan riam yang cocok untuk arung jeram, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: