Presiden Jokowi Beri Arahan Langsung Seluruh Kepala Daerah di IKN

Presiden Jokowi Beri Arahan Langsung Seluruh Kepala Daerah di IKN

Pj Bupati H Sandi saat mengikuti rapat koordinasi dengan presiden Joko Wiodo Sukseskan Pilkada 2024.-@kominfomuba-dokumen/palpos

KALTIM, PALPOS.ID  - Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi mengikuti Rapat koordinasi dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Ibukota Nusantara kabupaten Penajam Paser Utara propinsi  Kalimantan Timur, Selasa 13 Agustus 2024.

Rakor yang berlangsung di Ruang Nusantara Istana Negara ini juga diikuti bupati dan walikota se Indonesia.

Sebelum menuju ke IKN Pj Bupati H Sandi Fahlepi bersama ratusan  kepala daerah lainnya berkumpul sejak pukul 06.00 di Stadion Batakan Balikpapan  menggunakan bus khusus.

Setibanya di IKN sembari menunggu waktu pertemuan dengan Presiden, rombongan kepala daerah dipandu tour guide  meninjau titik-lokasi pembangunan ibukota negara dengan diarahkan langsung oleh Menteri PU PR DR Ir M Basuki Hadimuljono MSc dan Mendagri Tito Karnavian.

BACA JUGA:Sigap, BPBD Muba Bersama Basarnas Cari 5 Korban Tenggelam Akibat Jembatan Ambruk di Lalan

BACA JUGA:Jembatan P6 kecamatan Lalan Ambruk, Ini Nama Korban yang Hilang dan Luka

Dalam rapat koordinasi diawal sambutan, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat datang di Ibukota Nusantara kepada para kepala daerah.

Lanjut, Presiden menyampaikan beberapa arahan terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada November 2024 mendatang, diantaranya seputar anggaran, hingga keamanan dan ketertiban Pilkada.

"Anggaran untuk Pilkada harus diselesaikan, juga berkaitan dengan keamanan, koordinasikan dengan Forkompinda karena kita belum pernah memiliki pengalaman untuk melaksanakan pilkada serentak. Kalau dulu tidak serentak keamanan bisa dibantu dari daerah lain, sekarang semuanya serentak sehingga betul-betul harus dibicarakan menyangkut keamanan dan ketertiban Pilkada yang akan kita lakukan di bulan November nanti," pesan Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian melaporkan bahwa jumlah kepala daerah saat ini gubernur ada 38 orang, walikota 68, bupati 416, total ada 552 kepala daerah se Indonesia, dengan yang defenitif berjumlah 279 orang, dan penjabat 273 orang.

BACA JUGA:Sekda Muba H Apriyadi Sampaikan KUPA dan PPASP R-APBDP Kabupaten Muba Tahun 2024

BACA JUGA:Perdana, Perlombaan Perahu Ketek Nelayan Bakal Turut Memeriahkan HUT RI di Muba

"Kami atas nama rekan-rekan kepala daerah mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak Presiden yang telah memberi kesempatan untuk hadir langsung disini (Ibukota Nusantara)," ujarnya.

Sementara itu Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi usai mengikuti rakor tersebut mengungkapkan bahwa atas instruksi Presiden dirinya siap mengawal Pilkada serentak di Kabupaten Muba agar berjalan, aman, damai, transparan dan kondusif hingga terpilihnya pemimpin yang diidamkan masyarakat Bumi Serasan Sekate.

"Kami juga sangat berterimakasih kepada Pak Presiden bisa diundang dan menjadi saksi sejarah pembangunan Ibukota Nusantara yang sangat megah ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: