Mengenal Awal Mula Lahirnya Suzuki Katana di Indonesia, Si "Jimny Banci" yang Legendaris

Katana Si Jimny Banci-Foto:dokumen palpos-
PALPOS.ID - Suzuki Katana menjadi salah satu kendaraan legendaris di Indonesia, terutama bagi para pecinta mobil bergaya off-road ringan.
Diluncurkan pertama kali pada awal tahun 1980-an, mobil ini langsung mencuri perhatian karena desainnya yang mirip dengan Suzuki Jimny, namun memiliki perbedaan penting dalam sistem penggeraknya.
Berbeda dengan Jimny yang menggunakan penggerak empat roda (4x4), Suzuki Katana hadir dengan penggerak dua roda belakang (4x2), sehingga kerap dijuluki sebagai “Jimny banci”.
Secara tampilan, Suzuki Katana generasi pertama sangat mudah dikenali.
BACA JUGA:Suzuki Katana, Jip Legendaris Era 90-an yang Tangguh dan Terjangkau
BACA JUGA:PLN ULP Baturaja Gerak Cepat Pulihkan Listrik Pasca Insiden Tiang Roboh di Baturaja Timur
Mobil ini memiliki bentuk atap yang hampir rata atau trepes, dilengkapi dengan lampu depan bundar klasik yang menjadi ciri khasnya.
Interiornya pun sangat sederhana, bahkan belum dilengkapi dengan tachometer pada dashboard, yang semakin mempertegas kesan minimalis dan fungsional dari kendaraan ini.
Di balik kap mesinnya, Suzuki Katana generasi pertama dibekali dengan mesin 1.0 liter berkode F10A.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 50 ps dan torsi maksimum 73,5 Nm.
BACA JUGA:Era Baru Otomotif Indonesia: KG Mobility dan PT Pindad Lahirkan Mobil Listrik Nasional.
BACA JUGA:Jetour Dashing: SUV Pendatang Baru dengan Fitur Mewah, Harga Ramah!
Mesin serupa juga digunakan pada Suzuki Carry, menjadikannya terkenal sebagai mesin yang tangguh, bandel, dan tidak rewel.
Keunggulan ini membuat Suzuki Katana digemari sebagai kendaraan harian maupun modifikasi ringan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: