Mengenang Sang Legenda: 1997 Honda Civic Type R, Awal Mula Kejayaan Civic di Jalur Balap.

Mengenang Sang Legenda: 1997 Honda Civic Type R, Awal Mula Kejayaan Civic di Jalur Balap.

Mengenang Sang Legenda: 1997 Honda Civic Type R, Awal Mula Kejayaan Civic di Jalur Balap. -Foto:@facebook_Retro Car 70/80/90-

Secara desain, Civic Type R EK9 memang tidak terlalu mencolok.

Namun justru di situlah daya tariknya.

Gaya bodi hatchback tiga pintu dipadukan dengan detail khas Type R seperti spoiler belakang yang agresif, grille merah dengan emblem Honda merah, dan pelek Enkei 15 inci berwarna putih.

Warna ikoniknya adalah Championship White, penghormatan terhadap mobil balap Honda pertama di Formula 1. Warna ini menjadi ciri khas bagi semua Type R di masa awal.

Interiornya juga mengikuti filosofi puristis. Kursi Recaro, setir Momo, speedometer hingga 10.000 rpm, serta dominasi warna merah-hitam di dalam kabin mempertegas aura balap.

Tidak ada fitur mewah seperti AC atau audio sistem canggih di beberapa varian, karena fokus utama adalah bobot ringan dan pengalaman berkendara yang maksimal.

Eksklusif di Jepang, Tapi Jadi Idola Global

Meskipun EK9 hanya dijual di Jepang, reputasinya langsung mendunia.

Para penggemar di Eropa, Australia, hingga Amerika rela mengimpor mobil ini secara pribadi.

Di komunitas JDM (Japanese Domestic Market), Civic Type R EK9 menjadi salah satu mobil paling dicari karena keasliannya sebagai hot hatch sejati.

Banyak pembalap dan drifter menggunakan EK9 sebagai platform dasar karena kestabilan dan balance sasisnya yang luar biasa.

Bahkan hingga hari ini, banyak unit Civic Type R EK9 yang masih digunakan dalam kejuaraan balap amatir maupun profesional.

Civic Type R EK9 vs Civic Hatchback Biasa dengan Dunia yang Berbeda

Beberapa mungkin bertanya, “Bukankah ini hanya Civic biasa yang dimodifikasi?” Jawabannya adalah tidak sesederhana itu.

EK9 bukan sekadar upgrade, tapi dibangun ulang dari dasar oleh Honda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: