Mazda CX-80: Harga Lebih Murah dari Hyundai Palisade, Tapi Teknologi Lebih Maju? Ini Jawabannya!

Mazda CX-80: Harga Lebih Murah dari Hyundai Palisade, Tapi Teknologi Lebih Maju? Ini Jawabannya!- Foto: mobilmazdaindonesia.com-
PALPOS.ID - Pasar SUV tiga baris kelas atas semakin memanas, dan Mazda tidak tinggal diam.
Pabrikan asal Jepang ini meluncurkan Mazda CX-80, sebuah SUV keluarga premium dengan konfigurasi tiga baris kursi yang langsung mencuri perhatian.
Menariknya, mobil ini dibanderol dengan harga lebih rendah dari Hyundai Palisade, namun disebut-sebut memiliki teknologi yang lebih maju dan efisien. Benarkah demikian?
Mari kita ulas lebih dalam mengapa Mazda CX-80 bisa menjadi pilihan rasional dan emosional bagi keluarga modern yang ingin naik kelas, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam seperti membeli Hyundai Palisade.
BACA JUGA:Lawan Serius Hyundai Palisade! Inilah Keistimewaan GWM Tank 500 yang Bikin Tergoda.
BACA JUGA:Kendaraan Listrik Tanpa Sopir dari Indonesia? Kenalan dengan SEATER Buatan BRIN.
Desain Elegan dan Proporsional, DNA Premium Khas Mazda
Mazda CX-80 hadir sebagai SUV besar namun tetap mengusung desain minimalis elegan khas Mazda, yang disebut dengan Kodo Design – Soul of Motion.
Dibandingkan Palisade yang tampil lebih gagah dan mengotak, CX-80 tampil ramping namun tetap berwibawa.
Grille besar dengan aksen krom, lampu LED sipit, serta tarikan garis bodi yang bersih membuat mobil ini terlihat seperti SUV Eropa, bukan Jepang.
BACA JUGA:XPeng X9 Tampil Radikal, Begini Keunggulannya dari Denza D9.
BACA JUGA:Reinkarnasi Toyota Hardtop 2025: SUV Retro Tangguh Siap Gebrak Pasar.
Desain CX-80 menyiratkan kemewahan yang tidak berlebihan, dengan finishing yang sangat rapi.
Bahkan jika disejajarkan dengan SUV premium seperti Volvo XC90 atau BMW X5, Mazda CX-80 tidak akan terlihat inferior secara visual.
Dimensi Mazda CX-80 vs Hyundai Palisade: Sama-Sama Bongsor
Mazda CX-80 dan Hyundai Palisade bermain di segmen yang sama, yaitu SUV tiga baris.
BACA JUGA:Kijang Innova Reborn, MPV Keluarga yang Tampil Gagah dan Mewah
BACA JUGA:Mengapa Porsche Macan 4 Electric Layak Jadi SUV Listrik Premium Idaman?
CX-80 memiliki panjang sekitar 4.995 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.710 mm, sementara Palisade sedikit lebih besar di dimensi tinggi dan lebar. Namun perbedaan ini tidak signifikan dalam hal kenyamanan kabin.
CX-80 menawarkan konfigurasi 6 atau 7 penumpang tergantung tipe, dengan baris kedua yang bisa dipilih antara captain seat atau bench seat.
Ruang kaki dan kepala di semua baris cukup lega, membuat mobil ini cocok untuk perjalanan jarak jauh bersama keluarga besar.
Interior Premium dan Teknologi Mutakhir, CX-80 Menang Tipis
Salah satu kekuatan terbesar Mazda CX-80 terletak pada bagian interior. Mazda menghadirkan nuansa kabin yang lebih mendekati brand premium Eropa.
Dashboard dilapisi bahan soft-touch berkualitas tinggi, panel kayu asli (pada trim tertinggi), serta kombinasi kulit Nappa yang menjadikan kabin terasa mewah dan menenangkan.
Layar infotainment berukuran 12,3 inci terintegrasi dengan sistem Mazda Connect generasi terbaru, mendukung Apple CarPlay dan Android Auto wireless.
Sistem ini juga bisa dikontrol melalui rotary knob yang meminimalisir gangguan saat berkendara.
Sementara Palisade juga punya interior yang canggih dan mewah, banyak yang menilai bahwa Mazda CX-80 punya sentuhan ergonomi dan kualitas material yang lebih halus, serta desain lebih bersih dan tak mudah lekang oleh waktu.
Teknologi Powertrain Maju: Mild Hybrid dan Plug-in Hybrid
Inilah alasan utama mengapa banyak yang mengatakan Mazda CX-80 selangkah lebih maju dibanding Hyundai Palisade—teknologi mesin dan efisiensinya.
Mazda CX-80 ditawarkan dengan dua opsi mesin utama di pasar global:
e-Skyactiv D 3.3L Mild Hybrid (Diesel)
Mesin 6 silinder inline 3.3 liter turbo diesel
Tenaga 250 PS dan torsi 550 Nm
Mild Hybrid 48V
Konsumsi BBM bisa mencapai 20 km/liter (klaim WLTP)
e-Skyactiv PHEV 2.5L Plug-in Hybrid (Bensin)
Kombinasi mesin 2.5 liter bensin dan motor listrik
Total output 327 PS dan torsi 500 Nm
Jarak tempuh EV-only hingga 60 km
Cocok untuk mobilitas harian tanpa BBM
Bandingkan dengan Hyundai Palisade yang masih mengandalkan mesin bensin 3.5L V6 naturally aspirated (non-turbo) atau diesel 2.2L lama.
Palisade memang bertenaga dan nyaman, tapi belum masuk ke era elektrifikasi.
Di sinilah Mazda CX-80 terlihat lebih futuristik dan ramah lingkungan.
Fitur Keselamatan Canggih dan Semi-Otonom
Mazda CX-80 juga dilengkapi fitur keselamatan i-Activsense terbaru yang sudah sangat lengkap, termasuk:
Mazda Radar Cruise Control (Adaptive Cruise Control)
Lane Keep Assist & Lane Departure Warning
Blind Spot Monitoring with Rear Cross Traffic Alert
360° Camera + Parking Assist
Driver Attention Alert
Emergency Lane Keeping
Fitur-fitur ini membuat CX-80 hampir mencapai level semi-otonom pada kecepatan tertentu.
Walaupun Palisade juga dilengkapi fitur Hyundai SmartSense, sistem Mazda terasa lebih presisi dan menyatu dalam pengalaman berkendara.
Pengendalian dan Kenyamanan: Mazda Unggul di Rasa Berkendara
Salah satu DNA Mazda yang paling dipuji adalah pengendalian atau driving dynamics.
Mazda CX-80 dibangun di atas platform Large Architecture RWD-based, yang juga digunakan oleh Mazda CX-60 dan CX-90.
Platform ini memberikan keseimbangan bobot yang ideal, serta memungkinkan pengendalian yang lebih tajam dan natural, bahkan pada SUV besar sekalipun.
Suspensi independen dengan tuning khas Mazda memberikan rasa berkendara ala sedan premium, bukan SUV besar yang terasa berat atau mengayun.
CX-80 terasa mantap di jalan tol, dan surprisingly agile di jalan sempit atau tikungan.
Hyundai Palisade unggul di kenyamanan suspensi yang lembut, tapi di sisi pengendalian dan respon kemudi, Mazda CX-80 lebih menyenangkan untuk dikemudikan sendiri.
Harga Lebih Rendah dari Hyundai Palisade, Worth It Banget!
Di pasar Eropa, Mazda CX-80 dibanderol mulai dari sekitar €55.000, sementara Hyundai Palisade bisa mencapai €60.000 ke atas tergantung varian dan negara.
Jika masuk ke Indonesia, diperkirakan Mazda CX-80 akan bermain di harga Rp 900 juta hingga Rp 1,1 miliar, lebih rendah dibanding Palisade Signature AWD yang kini sudah menyentuh Rp 1,2 miliar OTR.
Artinya, Anda bisa mendapatkan SUV dengan desain premium, teknologi elektrifikasi, interior mewah, dan pengendalian superior, dengan harga lebih bersahabat dibanding Palisade.
Mazda CX-80 Cocok Buat Siapa?
Mazda CX-80 adalah SUV tiga baris untuk mereka yang mencari:
Desain elegan dan premium yang tidak mencolok
Interior berkualitas tinggi setara brand Eropa
Teknologi mesin modern: hybrid atau PHEV
Pengendalian superior khas mobil sport
Fitur keselamatan mutakhir
Harga lebih terjangkau dari Hyundai Palisade
Jika Anda termasuk orang yang menghargai teknologi dan kualitas berkendara, Mazda CX-80 adalah alternatif menarik di kelas SUV premium 7-seater.
Hyundai Palisade mungkin lebih cocok untuk yang mengejar kesan gagah dan kenyamanan pasif, tapi CX-80 memberikan kombinasi seimbang antara performa, efisiensi, dan teknologi masa depan.
Jika Anda sedang mempertimbangkan SUV besar untuk keluarga, dan tidak ingin ikut arus mainstream, Mazda CX-80 adalah pilihan berkelas dan visioner yang patut dicoba!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: