Pendampingan dan Pemberdayaan BRI Buat UMKM Lebih Siap Go Global

Pendampingan dan Pemberdayaan BRI Buat UMKM Lebih Siap Go Global, Brand Kuliner Asal Bandung Sukses Tembus Pasar Internasional-foto : istimewa--
BACA JUGA:PMI Apresiasi Kehadiran BRI Taipei Branch, Permudah Transaksi dan Pengiriman Uang dari Taiwan ke Indonesia
Marketing and Branding Director Restu Mande Utami Ichda membagikan pengalamannya selama mengikuti FHA Food & Beverage 2025.
Ia menyebut bahwa expo tersebut menjadi momentum penting untuk mengenalkan produk dan memahami ekspektasi pasar global.
“Selama expo, kami bertemu dengan banyak potential buyer. Selain itu, kami juga belajar banyak hal. Mulai dari memahami standar pasar internasional, memperkenalkan produk kami ke audiens global, hingga membangun relasi dengan buyer dan pelaku industri makanan dari berbagai negara. Booth Indonesia Paviliun yang kami tempati ramai dikunjungi dan menjadi ajang berharga untuk memperkenalkan kuliner Indonesia secara langsung,” ujarnya.
Produk-produk seperti rendang sapi, dendeng balado, serta bumbu instan khas Minang mendapat sambutan positif selama pameran berlangsung.
BACA JUGA:BRI Gelar Consumer Expo 2025 di Bandung, Hadirkan Suku Bunga KPR Ringan Mulai 2,40%
Salah satu buyer dari Thailand menunjukkan minat kerja sama, dan saat ini Restu Mande tengah menjajaki peluang ekspor lanjutan ke wilayah tersebut.
Utami menilai peran BRI sangat strategis dalam mendorong kesiapan Restu Mande menghadapi pasar global.
Ia menegaskan bahwa kemitraan ini mendorong peningkatan di berbagai aspek bisnis.
“BRI tidak hanya memberi akses pembiayaan, tetapi juga pembinaan, pelatihan manajemen bisnis, serta fasilitasi untuk ikut serta dalam pameran dan expo nasional maupun internasional. Pendampingan ini sangat membantu kami dalam hal peningkatan kapasitas produksi maupun kualitas manajemen perusahaan, memperluas networking dan pasar, serta branding,” jelasnya.
BACA JUGA:Merasa Terbantu dengan BRImo, Transaksi Harian Jadi Lebih Mudah dan Cepat
BRI telah mendampingi Restu Mande sejak 2020 melalui program Inkubator Bisnis BRI untuk UMKM, yang mengkurasi pelaku usaha potensial untuk naik kelas.
Selain pembiayaan, BRI memberikan pelatihan manajemen, pendampingan ekspor, serta membuka akses ke pasar global.
Restu Mande telah mengikuti berbagai ajang yang difasilitasi oleh BRI, seperti BRI UMKM EXPO(RT), Indonesia Trade Mission to Singapore 2023, dan FHA Food & Beverage 2025 di Singapura sebagai upaya perluasan pasar ekspor.
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa pencapaian Restu Mande merupakan bukti bahwa UMKM Indonesia dapat bersaing secara global dengan dukungan yang tepat.
BACA JUGA:QRIS dan Mobile BRI: Solusi Pembayaran Digital untuk UMKM Kopi Lahat
Ia menekankan pentingnya sinergi antara pelaku usaha dan lembaga keuangan.
“Restu Mande menunjukkan bahwa dengan proses pemberdayaan yang terarah, pengusaha UMKM Indonesia mampu bersaing di pasar global secara berkelanjutan. Dalam hal ini, BRI berperan sebagai enabler yang menjembatani potensi usaha dengan akses pasar hingga peluang ekspor”, pungkas Hendy.*
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: