Hadapi Ramadan dan Lebaran 2023, XL Axiata Siapkan Ini

Hadapi Ramadan dan Lebaran 2023, XL Axiata Siapkan Ini

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (tengah) terangkan persiapan jaringan hadapi Ramadan dan lebaran tahun 2023 di Palembang, Senin (13/3). Foto: Robby /Palpos.Id--

PALEMBANG, PALPOS.ID.-Untuk menghadapi Ramadan dan lebaran tahun ini, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi yang kuat dan berkualitas. Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan, untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan data di sepanjang Ramadan khususnya saat libur panjang Lebaran.

Dimana XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Senin (13/3/2023) mengatakan, XL Axiata telah menyiapkan jaringan guna melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan untuk keperluan Ramadan, maupun libur panjang Lebaran. "Biasanya di kedua moment tersebut trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan. Kami memprediksi, sepanjang Ramadan hingga Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata bekalmeningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa," ucapnya.

 Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Ramadan dan lebaran ini bisa terjadi karena tidak terlepas dari perubahan perilaku pelanggan. Pada kedua momen tersebut, masyarakat  juga semakin banyak melakukan pertemuan-pertemuan tatap muka secara daring/online dengan keluarga dan kerabat, komunitas, dan teman-teman yang sudah lama tidak saling bertemu.

BACA JUGA:900 Pekerja Ikuti Bimtek Sertifikasi dan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi

Selanjutnya kata Gede, sarana digital menjadi salah satu solusi bagi masyarakat, termasuk pelanggan XL Axiata, untuk menjalin silaturahmi. Selain itu lanjut Gede,  banyak layanan digital yang menyajikan hiburan dan media sosial yang bisa menjadi sarana bagi masyarakat dan pelanggan untuk mengisi masa liburan panjang.

 Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10%  selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran. "Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas  masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah  yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus," jelasnya.

BACA JUGA:Waduh ! Dampak Banjir Muara Kelingi, Air PDAM Sekayu Keruh dan Distribusi Dikurangi

"Pada hari normal, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal," ucap Gede.

XL Axiata juga kata Gede, telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. "Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

"Penguatan jaringan di jalur mudik Sumatera dan Jawa," ujarnya.

 XL Axiata masih kata Gede, memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan. Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

BACA JUGA:Bansos PKH Sudah Cair di 83 Kabupaten Melalui Kantor Pos, Ini Jumlah Kabupaten di Sumbagsel...

 "XL Axiata memiliki sekitar 140 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran. Belum lama ini, di sepanjang ruang tol yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 63 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan. Selain itu, XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas di 81 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang," tukasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: