Pemekaran Provinsi Sumatera Utara: Mengejar Kenyataan dengan Pembentukan Provinsi Tapanuli

Pemekaran Provinsi Sumatera Utara: Mengejar Kenyataan dengan Pembentukan Provinsi Tapanuli

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kota Sibolga dan Lima Kabupaten Gabung Otonomi Baru Provinsi Tapanuli.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @data dan angka

SUMATERA UTARA, PALPOS.ID - Pemekaran Provinsi Sumatera Utara: Mengejar Kenyataan dengan Pembentukan Provinsi Tapanuli.

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang saat ini terdiri dari 33 kabupaten dan kota, mencakup 25 kabupaten dan 8 kota, tengah berada dalam sorotan wacana pemekaran. 

Keberlanjutan luas wilayah yang besar dan potensi pembangunan yang belum sepenuhnya tergarap sepenuhnya, mendorong munculnya usulan pembentukan provinsi baru atau Daerah Otonomi Baru (DOB).

Salah satu usulan yang mencuat adalah pembentukan Provinsi Tapanuli, yang akan mencakup enam kabupaten dan kota yang siap melepaskan diri dari Provinsi Sumatera Utara. 

BACA JUGA:Perjuangan Mewujudkan Provinsi Sumatera Tenggara: Potret Pemekaran Sumatera Utara

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Sumatera Utara (Sumut): 3 Calon Provinsi Otonomi Baru dan Potensi Daerah

Wilayah ini melibatkan Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kota Sibolga, dan Kabupaten Humbang Hasudutan.

Dengan pemisahan ini, Provinsi Tapanuli diharapkan memiliki luas wilayah mencapai 12.75 kilometer persegi, mengambil sekitar 20 persen dari luas total Provinsi Sumatera Utara yang mencapai 72.981 kilometer persegi. 

Fakta menariknya, luas wilayah Provinsi Tapanuli hampir dua kali lipat dari Provinsi Bangka Belitung yang hanya memiliki 6.6 ribu kilometer persegi.

Jika terwujud, Provinsi Tapanuli diperkirakan akan memiliki jumlah penduduk sekitar 1.32 juta jiwa, sesuai dengan data BPS tahun 2020. 

BACA JUGA:Wacana Tiga Provinsi Baru di Pulau Sumatera: Pemekaran Sumatera Utara Menuju Era Otonomi Baru

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah di Indonesia: Tiga Provinsi Baru Menggema dari Sumatera Utara

Angka ini mencakup sekitar 9 persen dari total jumlah penduduk Provinsi Sumatera Utara yang mencapai 14.79 juta jiwa lebih. 

Selain itu, terbentuknya Provinsi Tapanuli berpotensi meningkatkan sektor pariwisata, terutama dengan pemisahan Danau Toba dari Provinsi Sumatera Utara, menjadikan objek wisata terkenal ini sebagai daya tarik utama Provinsi Tapanuli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: