Kemenkumham Sumsel Dorong Masyarakat Lahirkan One Village One Brand

Minggu 26-02-2023,19:24 WIB
Reporter : Septi
Editor : Adetia

Palembang, Palpos.ID - Semenjak ditetapkannya tahun 2023 sebagai tahun merek oleh Kemenkumham RI, Kantor Wilayah Sumatera Selatan telah melakukan banyak hal guna mewujudkan tahun tersebut. 

"Kami melakukan inventarisasi di 17 Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan guna mendata potensi kekayaan intelektual yang dapat diusulkan menjadi one village one brand, atau merek kolektif," Hal tersebut dikatakan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Parsaoran Simaibang dalam kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual, Kamis (23/2). 

Tahun 2023 ditetapkan oleh Menkumham RI, Yasona Laoly sebagai Tahun Tematik Merek dengan tema membangun kesadaran cinta dan bangga merek indonesia, sekaligus untuk merespon bangga buatan indonesia.

Program One Village One Brand bertujuan agar wilayah-wilayah di Indonesia dapat mengembangkan strategi branding untuk produk lokal. 

BACA JUGA:Jalin Silaturahmi, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Sapa Purna Bhakti Pengayoman

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Raih Penghargaan Terbaik ke-3 Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022

Dikatakan Kadiv Yankumham Kemenkumham Sumsel, Parsaoran Simaibang, bahwa One Village One Brand atau Merek Kolektif dapat mendorong ekonomi daerah berbasis kekayaan intelektual di setiap desa atau pun kabupaten dengan memiliki satu brand secara kolektif yang dimiliki oleh komunitas yang bergerak di satu bidang tertentu pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau ekonomi kreatif (Ekraf). 

"Pemerintah menargetkan hadirnya merek unggulan dari setiap desa di Indonesia. Di Sumatera Selatan sendiri kami sudah memetakan 17 kabupaten/kota yang akan diangkat untuk one village one brand.

Misal di kota Palembang ada Kampung Songket, Musi Banyuasin ada Kampung Gambo, juga di Ogan Ilir ada Kampung Tenun, serta masih banyak lagi," papar Simaibang. 

Selama beberapa waktu kedepan, Kanwil Kemenkumham Sumsel akan mengadakan berbagai macam program guna melakukan jemput bola dalam pendaftaran kekayaan intelektual.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Beri Penghargaan pada UPT Berkinerja Terbaik

BACA JUGA:28 Kepala Satuan Kerja ikuti Evaluasi dan Penguatan Capaian Kinerja Kanwil Kemenkumham Sumsel

khususnya untuk menginventarisir potensi pendaftaran merek di desa-desa, dalam program tersebut akan dijelaskan juga konsep dasar branding kekayaan intelektual.

"Kami sudah menargetkan 5 (lima) kabupaten/kota yang akan kami datangi dalam waktu dekat ini guna jemput bola one village one brand.

Daerah tersebut antara lain Kota Palembang, Lubuklinggau, Sekayu, Muaraenim dan PALI. Daerah lainnya akan menyusul sembari kami menyusun jadwal," lanjut Simaibang. 

Kategori :