Sulawesi Selatan Menjadi Pusat Pertanian dan Perkebunan Unggulan di Indonesia

Selasa 30-01-2024,16:32 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yan

Provinsi Tana Toraja: Merangkai Budaya dalam Bentuk Provinsi Ketiga

Langkah terakhir membawa kita ke wacana pembentukan Provinsi Tana Toraja. 

Tiga kabupaten yang terlibat dalam pembentukan Provinsi Tana Toraja adalah Tana Toraja, Toraja Utara, dan Mamasa dari Provinsi Sulawesi Barat. 

Untuk memenuhi syarat pemekaran, dilakukan pemekaran daerah di mana Kabupaten Tana Toraja akan membentuk Kota Makale, dan Kabupaten Toraja Utara akan membentuk kabupaten baru bernama Toraja Barat. 

Rencananya, ibukota Provinsi Tana Toraja akan berada di Kota Makale atau Kabupaten Tana Toraja.

Setelah pemekaran, Provinsi Sulawesi Selatan tetap mempertahankan luas wilayah 17.721 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa, mencakup sekitar 65 persen dari sebelumnya.

Dampak Pemekaran Wilayah

Pemekaran wilayah bukan hanya sekadar mengubah peta administratif, tetapi juga membawa dampak signifikan pada pembangunan, ekonomi, dan kehidupan masyarakat di setiap provinsi baru. 

Beberapa pertimbangan, termasuk potensi pembangunan, keberlanjutan ekonomi, serta pelestarian budaya, menjadi faktor utama dalam menyusun rencana pemekaran ini.

Pemekaran wilayah yang tengah digaungkan ini bukan hanya menggeser posisi administratif, melainkan juga menjadi katalisator perubahan signifikan dalam tata kelola dan perkembangan Provinsi Sulawesi Selatan. 

Proses ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam menjalankan agenda pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang adil di seluruh nusantara.

Semua berharap informasi ini dapat menyebar luas dan memotivasi diskusi yang lebih dalam tentang rencana pemekaran wilayah Sulawesi Selatan ini. 

Langkah ini diharapkan menjadi terobosan positif untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di berbagai pelosok negeri.

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan: Tana Toraja Sebagai Calon Ibukota Baru.

Provinsi Sulawesi Selatan, yang terkenal dengan keindahan alam dan keberagaman budayanya, kini tengah berada dalam sorotan pembahasan serius mengenai pemekaran wilayahnya. 

Kabupaten Tana Toraja, dengan luas wilayah 2.054,30 kilometer persegi, berpotensi menjadi provinsi baru dengan ibukota yang diusulkan berada di Kota Makale.

Kategori :