Masyarakat 27 Ilir Gelar Pawai 1 Syuro Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H

Senin 08-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Erika
Editor : Romi

PALEMBANG, PALPOS.ID- Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H yang jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024, masyarakat 27 Ilir mengadakan tradisi pawai 1 Syuro. 

Pawai ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk remaja masjid, remaja mushola, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Muqimus Sunnah, dan anak-anak TK.TPA Al Amanah pada Sabtu (6/7) malam.

Pawai dimulai dari Masjid Al Amanah 27 Ilir dan dilepas oleh Komandan Koramil 1401 Makrayu, Kapten Infantri Indra Sakti Ritonga, bersama tokoh masyarakat dan agama setempat. 

Rute pawai dimulai dari Jalan Depaten Lama menuju Jalan Depaten Baru, keluar ke Jalan Merdeka, masuk kembali ke Jalan Temon, dan berakhir di Jalan Depaten Lama depan Masjid Al Amanah 27 Ilir.

BACA JUGA:Palembang Bidik Zero Stunting, Perbanyak Program Ibu dan Bapak Asuh

Tradisi pawai menyambut 1 Muharram ini telah dihidupkan kembali oleh masyarakat 27 Ilir sejak tahun 2012 dan terus dilestarikan hingga kini.

Wakil Ketua Pelaksana Pawai sekaligus Ketua Karang Taruna Kecamatan IB II, Rm Aidil Fitrisyah, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat akan tradisi yang sudah ada sejak dahulu.

“Mengingatkan warga, khususnya Kelurahan 27 Ilir, bahwa jaman dulu ada pawai obor yang sudah lama tidak dirayakan lagi. Jadi kami, Karang Taruna beserta Ketua Kampung Kreatif Goegoek 27 Ilir, berinisiatif mengadakan bersama tokoh agama dan masyarakat untuk mengajak warga setiap hari besar Islam mengadakan pawai,” katanya.

Pelaksanaan pawai tahun ini dinahkodai oleh Ketua Panitia Rm. Mujahidin Akbar bersama Aidil Fitrisyah, serta didukung oleh pengurus Masjid Al Amanah, Lurah 27 Ilir Umar Rudi, dan pengurus Pondok Pesantren Muqimus Sunnah.

BACA JUGA:Siap siap! Palembang Alokasikan 662 Kuota Awal untuk PPPK Tenaga Kependidikan

Lurah 27 Ilir, Umar Rudi, mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya pawai ini. “Ini adalah kegiatan rutin yang sering dilakukan dalam menyambut tradisi 1 Muharram.

Alhamdulillah, atas semangat dan kekompakan warga terutama panitia dari Masjid Al Amanah 27 Ilir, saya sebagai lurah sangat mendukung kegiatan ini karena dapat mengangkat nama Kelurahan 27 Ilir yang religius,” ujarnya.

Komandan Koramil 1401 Makrayu, Kapten Infantri Indra Sakti Ritonga, yang hadir dalam pawai tersebut, juga menyatakan dukungannya.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena tradisi ini mulai hilang. Alhamdulillah dengan dimudahkannya langkah oleh Allah SWT, kami dapat mengikuti acara pawai yang dilaksanakan oleh Masjid Al Amanah 27 Ilir ini,” katanya.

BACA JUGA:Telkomsel Luncurkan Paket Halo+ Bold & Supreme, Kuota Besar Banyak Akses Layanan Digital

Kategori :