PLN UP3 Palembang Kembali Gelar Edukasi Manfaat dan Bahaya Listrik kepada Masyarakat

Selasa 09-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Erika
Editor : Romi

PALEMBANG, PALPOS.ID– PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palembang terus edukasi manfaat dan bahaya listrik kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi di seluruh kecamatan di wilayahnya. Kali ini, sosialisasi digelar di Kecamatan Kalidoni dengan antusiasme tinggi dari masyarakat setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh hampir seratus warga dari berbagai elemen masyarakat, termasuk para ketua RT/RW, pemuka agama, tokoh masyarakat, serta Camat Kalidoni. Selain itu, hadir pula perwakilan tim K3 PLN Unit Layanan Pelanggan Kenten dan UP3 Palembang.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya penggunaan listrik secara aman dan bijak.

Dalam sambutannya, Camat Kalidoni, M. Rama Cahya Putra S.STP., M.M menyampaikan apresiasi terhadap UP3 Palembang yang terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kegiatan sosialisasi tersebut.

BACA JUGA:Klasemen Putaran Pertama Final Four Tim Voli Putri PLN Mobile Proliga 2024

“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena dapat membantu masyarakat memahami risiko dan manfaat penggunaan listrik, sehingga dapat mengurangi potensi bahaya yang mungkin terjadi,” ujar beliau.

Sesi sosialisasi meliputi pemaparan dan edukasi dari cara penggunaan peralatan listrik yang benar, pentingnya instalasi listrik yang aman, hingga tindakan yang harus dilakukan dalam situasi darurat listrik. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber dari UP3 Palembang dan ULP Kenten.

Theo Andinny, salah satu pemateri menekankan pentingnya pengawasan anak-anak saat bermain layang-layang kepada para orang tua.

"Mohon untuk diingatkan ke anak-anak untuk tidak bermain layang-layang dekat dengan jaringan listrik, karena mereka belum tahu bahayanya. Apabila tali tersangkut, bukan hanya listrik yang terganggu, tapi tali atau senar layang-layang bisa menghantarkan listrik," ujar Theo. 

BACA JUGA:Pemerintah Pertahankan Tarif Listrik Triwulan III Tidak Berubah, PLN Pastikan Jaga Mutu Pelayanan

Manager UP3 Palembang, Widodo, mengajak para pimpinan daerah dan tokoh masyarakat berkolaborasi guna meningkatkan pemahamam warga Kalidoni.

"Bapak/ibu RT RW, pemuka agama, dan tokoh masyarakat adalah orang yang paling didengar oleh warga. Kami harap, edukasi yang diteruskan oleh pemda setempat ataupun tokoh masyarakat kolaborasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dan bahaya listrik" kata Widodo.

Salah satu warga, Bapak Rahmat, yang hadir dalam acara tersebut mengaku dengan adanya edukasi ini, Ia mendapatkan  informasi tentang kelistrikan yang selama ini belum dipahami.

“Terima kasih atas kegiatan ini. Kami jadi tahu bahaya listrik karena kami tahu listrik ini sangat penting untuk kami, yang kami awalnya tidak tahu, jadi paham. Nantinua informasi ini akan kami sampaikan ke warga kami untuk lebih peduli akan bahaya listrik.”

Secara terpisah, General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, turut menghimbau masyarakat untuk melaporkan ke PLN Mobile jika ada potensi gangguan terhadap karingan listrik.

Kategori :