Muba Tingkatkan Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Dalam Pengendalian Karhutbunlah

Rabu 24-07-2024,13:24 WIB
Reporter : Romi
Editor : Erika

SEKAYU, PALPOS.ID - Perkuat sinergi dan koordinasi dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutbunlah.

Pemkab Musi Banyuasin dibawah komando Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi menggelar apel Kesiapsiagaan Personil dan peralatan di Stabel Berkuda Sekayu, Rabu 24 Juli 2024.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi minta seluruh stakeholder untuk terus bersinergi dan bekerjasama. Pemerintah kecamatan dan desa, lanjutnya diharapkan segera membentuk satgas penanggulangan bencana.

"Berdasarkan prediksi kondisi cuaca oleh stasiun meteorologi, klimatologi dan geofisika Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, diperkirakan Kemarau tahun 2024 di Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muba akan berlangsung mulai pertengahan bulan Juni dan mayoritas puncak kemarau akan terjadi pada bulan Agustus 2024,"terangnya.

BACA JUGA:Cegah Potensi Korupsi dari Dana Desa, Kejari Muba Berikan Pembekalan ke Kades di Muba

BACA JUGA:Pj Bupati Sandi : Kades Harus Pertahankan Zero Konflik di Muba dan Kolaborasi Cegah Karhutbunlah.

Untuk itu, H Sandi Fahlepi mengatakan bahwa peran perusahaan perkebunan dan pertambangan sangat penting terutama dalam menyikapi sistem sarana dan prasarana pengendalian kebakaran kebun dan lahan serta melaksanakan pemetaan di wilayah masing- masing yang rawan kebakaran.

Ia juga minta perusahaan perkebunan agar lebih aktif dalam usaha pencegahan serta meningkatkan koordinasi dengan kolaborasi Pemerintah, TNI-Polri serta keterlibatan masyarakat sehingga kerjasama dan gotong royong dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutbunlah dapat menjadi role model bagi daerah lain.

Saya juga berharap, lanjutnya Satgas Karhutbunlah dapat bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat secara maksimal.

"Kami himbau kepada pemangku usaha baik disektor perkebunan maupun penambangan kita harus bekerja sama dan saling bahu membahu dalam mencegah terjadinya karhutbunlah di Kabupaten Muba. Dan kepada BPBD Kabupaten Muba teruslah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk pencegahan bencana Karhutbunlah,"ungkapnya.

BACA JUGA:Polres Muba Bongkar BBM Bersubsidi Oplosan, Ini Tersangka dan Barang Buktinya..

BACA JUGA:Dapat Keluhan Masyarakat Tentang Antrian di SPBU,Ini Langkah Samapta Polres Muba...

Apel kesiapsiagaan ini diakhiri dengan pesan Pj Bupati Muba H Sandi agar semua pihak selalu waspada dan siap dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan tersebut. "Semoga wilayah kabupaten Musi Banyuasin terhindar dari Karhutbunlah dan seluruh masyarakat selalu diberikan kesehatan dan keselamatan,"tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen sinergi penanggulangan karhutbunlah, pengecekan dan pengoperasian peralatan penanggulangan bencana alam, dan demo peragaan atau simulasi Karhutbunlah.**

Kategori :