Ainun-Amir Jabat Ketua dan Sekretaris AMSI Jatim: Ketum AMSI Tekankan Pentingnya Ekosistem Media Digital

Sabtu 27-07-2024,21:43 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yan

"AMSI Jatim kita harapkan jadi lokomotif, jadi motor," ungkap Wahyu.

Pentingnya Ekosistem Media Digital

Wahyu Dhyatmika menekankan pentingnya Konferwil AMSI Jatim sebagai momentum strategis bagi perkembangan media digital di Indonesia. 

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Naga Putih untuk Ibu Hamil, Lindungi dari Preeklamsia dan Cacat Lahir

BACA JUGA:AMSI Diskusi Terbuka: Antara Keterlambatan Publisher's Right dan Tantangan AI bagi Media Indonesia

"Meskipun tidak gegap gempita, Konferwil AMSI Jatim sangat signifikan. Ini adalah waktu mencari titik-titik untuk melompat ke depan. Momen semester 2 ini penting untuk media," ujar Wahyu.

CEO Tempo Digital itu juga menyoroti tantangan ekonomi yang dihadapi media saat ini. 

Sejak AMSI berdiri tahun 2017, pihaknya menyatakan semangat solidaritas karena ekosistem media digital harus segera diperbaiki. 

Mulai dari platform hingga pihak-pihak yang mendapatkan value dari apa yang kita buat, ini adalah stakeholder yang menjadi mitra AMSI.

"Meskipun ekonomi tidak baik-baik saja, APBD/APBN tidak bisa dimaksimalkan oleh teman-teman media. Nah, ini adalah peluang sebagai publisher untuk merealisasikan ide dan gagasan," jelas Wahyu.

Wahyu mengingatkan bahwa keberlanjutan jurnalisme dan ekosistem media digital sangat krusial bagi demokrasi. Jika jurnalisme mati, ekosistem juga dinilai akan mati.

"Tanpa ekosistem yang sehat, demokrasi terancam. Industri ini harus hidup dan berkelanjutan, sebab pertaruhannya adalah demokrasi dan masa depan Indonesia. Kita tahu persis sebagai pengusaha pers, di UU Pers ada dua hal yaitu fungsi pers dan fungsi ekonomi," tegasnya.

Kebijakan dan Evaluasi Internal Media

Wahyu juga menyampaikan pentingnya memperbaiki hubungan antara media dan platform digital melalui kebijakan yang mendukung. 

Ia mengajak anggota AMSI untuk terus melakukan evaluasi internal demi keberlanjutan media.

"Eksternal kita perbaiki, ada tanggung jawab perpres publisher right, ini cara memperbaiki relasi dengan platform agar bermanfaat bagi kita. Selama ini kita tidak mendapatkan kontribusi yang seimbang. Nah, perpres ini bisa dinikmati perusahaan pers yang terverifikasi. Ini kami dorong agar anggota AMSI bisa segera terverifikasi faktual oleh Dewan Pers," ucap Wahyu.

Kategori :