Land4Lives Memperkuat Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Melalui Inisiatif Hijau dan Mitigasi Iklim

Kamis 22-08-2024,20:57 WIB
Reporter : Septi
Editor : Zen Bae

Selain itu, Land4Lives juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Selatan untuk menyusun Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut (RPPEG).

Dokumen-dokumen perencanaan ini diharapkan dapat menjaga keberadaan hutan dan ekosistem gambut untuk generasi mendatang.

Di tingkat provinsi, Land4Lives berkolaborasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel untuk menghasilkan sejumlah inisiatif yang mendorong mitigasi perubahan iklim.

Beberapa inisiatif tersebut mencakup kajian lingkungan hidup strategis untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (KLHS RPJPD), penyusunan Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD-KSB), dan pendampingan dalam penyusunan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

BACA JUGA: Sembilan Bulan Pimpin Sumsel, Pj Gubernur Agus Fatoni Raih 37 Penghargaan

BACA JUGA:Kopi Sumsel Diakui Pasar, Harga Tembus Rekor Tertinggi

Selain itu, Land4Lives juga terlibat dalam pengembangan alat bantu pengelolaan bentang lahan seperti LUMENS dan perizinan perhutanan sosial SiAlam, serta bekerja sama dengan BRIN untuk melakukan kajian pembiayaan inovatif Results-Based Payment (RBP).

David Susanto menekankan pentingnya keterlibatan berbagai pihak dalam keberhasilan kegiatan Land4Lives.

“Kami berharap, dengan berjalannya program ini hingga 2026, akan ada dukungan dan keterlibatan aktif dari pemangku kebijakan, akademisi, sektor swasta, dan masyarakat sipil di Sumatera Selatan. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu Sumsel mewujudkan visinya untuk masa depan yang lebih sejahtera, adil, dan berkelanjutan,” pungkas David.

Ekspose yang diselenggarakan hari ini bukan hanya bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil yang telah dicapai, tetapi juga untuk mendapatkan umpan balik dari berbagai pihak yang terlibat.

BACA JUGA:Tranparansi Anggaran KPU Lubuklinggau Disorot: K-MAKI Sumsel Beberkan Anggaran dari APBN, Ini Rinciannya!

BACA JUGA: Komitmen Perbaikan: Pj Gubernur Sumsel Bersinergi dengan Ombudsman dalam Pengawasan Layanan Publik

Melalui dialog terbuka, diharapkan akan ada kesempatan untuk meningkatkan efektivitas program dan memastikan bahwa manfaat dari Land4Lives dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat di Sumatera Selatan.

Dengan dukungan yang terus menerus dan komitmen dari semua pihak, diharapkan proyek Land4Lives akan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan rendah karbon dan ketahanan iklim di Sumatera Selatan, serta menjadi contoh sukses bagi provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Kategori :