Pendampingan TKDN: Upaya BSPJI Palembang Mendukung Produk Lokal Menghadapi Persaingan Global

Jumat 30-08-2024,22:29 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

SUMSEL, PALPOS.ID-Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Palembang menunjukkan komitmen kuat dalam memperluas potensi pasar untuk industri kecil melalui pendampingan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Langkah ini diambil untuk mendukung implementasi kebijakan Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (P3DN) dengan menjalin kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPTK) Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 24 hingga 27 Juli 2024 dan bertujuan untuk meningkatkan peluang dan daya saing produk-produk industri kecil di tingkat nasional.

Upaya Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri ini merupakan program P3DN sebagai inisiatif utama dari Kementerian Perindustrian yang dirancang untuk mendorong penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan daya saing industri domestik.

BACA JUGA:FKPPIB: “Jaga Ritme Transformasi Bisnis PTPN Group”

BACA JUGA:BSN Meluncurkan Dukungan Implementasi SPBE Melalui Layanan Akreditasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 46 Tahun 2022, sertifikat TKDN merupakan salah satu syarat penting untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar komponen dalam negeri.

Dalam rangka mempercepat proses sertifikasi ini, BSPJI Palembang memberikan pendampingan langsung kepada pelaku industri kecil di Kabupaten Bangka Barat.

Proses sertifikasi dirancang untuk dilakukan secara gratis, sederhana, dan cepat, dengan tujuan memudahkan pelaku usaha dalam memperoleh sertifikat yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing produk mereka.

Keterlibatan BSPJI Palembang dan Dinas Perindustrian Bangka Barat Syamdian, Kepala BSPJI Palembang, menegaskan bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam mendukung industri kecil di wilayah tersebut.

BACA JUGA:BSN Gencar Tingkatkan Keberterimaan Akreditasi

BACA JUGA:BSN Dorong Penerapan SNI Material Bahan Bangunan untuk Menghindari Kecelakaan Konstruksi

"Kami berkomitmen untuk terus membantu para IKM dengan meningkatkan sosialisasi dan memberikan pendampingan agar mereka dapat memiliki sertifikat TKDN-IK. Sertifikat ini penting agar produk-produk mereka bisa bersaing dengan produk dalam negeri lainnya," ujarnya.

BSPJI Palembang bersama DPTK Kabupaten Bangka Barat menargetkan penerbitan 130 sertifikat TKDN-IK bagi industri kecil di daerah tersebut.

Sertifikat ini diharapkan dapat membantu industri kecil mendapatkan pengakuan atas komponen dalam negeri yang digunakan dalam produk mereka.

Kategori :