Pj Ketua TP PKK Sumsel, Melza Elen Setiadi, Promosikan Koleksi Kriya Sriwijaya kepada Rombongan DWP Kemenkeu R

Senin 02-09-2024,21:38 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

SUMSEL, PALPOS.ID-Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Melza Elen Setiadi, yang juga menjabat sebagai Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumsel, menerima kunjungan kerja dari Penasehat DWP Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, Christina Pusporini Messakh beserta jajarannya.

Kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 2 September 2024, bertempat di Kriya Sriwijaya yang terletak di Jalan Balap Sepeda, Palembang.

Acara tersebut bertujuan untuk memperkenalkan berbagai koleksi wastra dan kerajinan tangan dari 17 kabupaten/kota di Sumsel yang ditampilkan di Kriya Sriwijaya.

Melza Elen Setiadi, yang menyambut rombongan dengan hangat, memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan keberagaman dan kekayaan budaya kerajinan Sumsel yang menjadi bagian integral dari identitas daerah.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Hadiri Penandatanganan Kerjasama BUMN-BUMD : Fokus Pengelolaan Pertambangan dan

BACA JUGA: Sumsel Jadi Pusat Pengembangan Budidaya Sapi dengan Pola Siska Berkat Dukungan BPDPKS dan Aspekpir

"Tujuan didirikannya Kriya Sriwijaya ini adalah untuk berfungsi sebagai pusat edukasi dan promosi kerajinan unggulan dari 17 kabupaten/kota di Sumsel," jelas Melza.

Ia menambahkan bahwa Kriya Sriwijaya menampilkan berbagai produk unggulan dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut, termasuk songket, batik, gerabah, kerajinan anyaman purun, kerajinan angkinan, dan ukiran.

Melza menekankan bahwa pengembangan potensi industri kerajinan merupakan salah satu prioritas utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat kemampuan para pengrajin.

Ia berharap, melalui Kriya Sriwijaya, hasil kerajinan Sumsel dapat dikenal lebih luas, yang pada gilirannya akan mendukung kemajuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Bumi Sriwijaya.

BACA JUGA:PWNA Sumsel dan KPPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Program Rencana Aksi Desa

BACA JUGA:Sumsel Fokus pada Pemberantasan Korupsi: Sosialisasi Percontohan Antikorupsi di Palembang dan Musi Rawas

Dalam kesempatan tersebut, Melza juga menyoroti betapa kebudayaan provinsi Sumsel banyak dipengaruhi oleh budaya Melayu.

Ia menjelaskan bahwa Sumsel memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi, seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Air Terjun Bedegung, situs megalitik (purbakala), Danau Ranau, dan Kota Pagar Alam.

Melza menambahkan, "Sumsel juga dikenal dengan kulinernya yang beragam dan lezat, seperti pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, dan brengkes tempoyak."

Kategori :