Mazda 808: Mengungkap Pesona Ikon Klasik yang Langka dan Berharga

Rabu 04-09-2024,20:07 WIB
Reporter : Koer
Editor : Erika

Varian yang paling mewah dan berperforma tinggi adalah coupé dengan lampu bundar ganda dan mesin rotary yang diberi nama RX-3 Savanna.

BACA JUGA:Jejak Toyota Corolla KE20 di Indonesia: Dari Jalanan hingga Kolektor

BACA JUGA:Subaru di Indonesia: Perjalanan Panjang, Regulasi, dan Kembalinya Sang Legenda

Namun, banyak konsumen yang tetap memilih versi coupé dengan mesin piston karena lebih mudah dirawat dan performanya yang cukup memadai.

Meskipun RX-3 Savanna merupakan varian yang lebih bertenaga, performa awalnya masih kalah dibandingkan RX-2 dalam berbagai uji coba, seperti uji kecepatan 0-402 meter.

Pada awal peluncurannya di pasar Jepang, Grand Familia dilengkapi dengan mesin piston pertama Mazda yang berkapasitas besar, yakni TC 4 silinder segaris berkapasitas 1.272 cc dengan tenaga 85 hp dan torsi 108 Nm.

Selain itu, tersedia juga mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas lebih besar, yakni 1.500 cc dengan tenaga 90,7 hp dan torsi 129 Nm. Kedua mesin ini cukup bertenaga untuk mobil pada masa itu.

BACA JUGA:Debut M5 Touring di Pebble Beach: BMW Hadirkan Wagon dengan Tenaga Supercar

BACA JUGA:Desain Elegan dan Teknologi Mutakhir, Wuling Xingguang S Siap Mengguncang Pasar Otomotif

Pada November 1973, Mazda meningkatkan kapasitas mesinnya menjadi 1.586 cc, menghasilkan tenaga sebesar 98,6 hp dan torsi 137 Nm, yang kemudian dikenal dengan nama Mazda 808.

Namun, mesin TC tetap dipertahankan di pasar USDM, dengan nama Mazda Mizer, yang bertenaga 69 hp dan torsi 92 Nm.

Desain Mazda 808 masih mengacu pada gaya mobil-mobil Amerika era 70-an. Jika dilihat sekilas, bagian depan Mazda 808 pre-facelift memiliki kemiripan dengan Ford Mustang, namun dalam ukuran yang lebih kecil.

Model pre-facelift ini dapat dikenali dari lampu depan bulat ganda dengan grille yang menonjol di tengah. Bagian belakangnya juga memiliki ciri khas dengan rumah lampu belakang yang polos tanpa hiasan.

BACA JUGA:BMW M5 Terbaru Debut di Chengdu, Siap Memikat dengan Performa Super

BACA JUGA:Pesona VW Safari Dari Warisan Perang Dunia-II Sampai Menjadi Kendaraan Dinas Camat Era Tahun 70-80 an

Pada tahun 1975, Mazda meluncurkan varian facelift dari 808, yang ditandai dengan perubahan pada lampu depan yang berbentuk kotak dan grille depan yang rata.

Kategori :