Presiden Jokowi Canangkan Kawasan Wanagama di IKN Nusantara, Apa Itu?

Sabtu 14-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

PALPOS.ID - Presiden Jokowi Canangkan Kawasan Wanagama di IKN Nusantara, Apa Itu?.

Pada Jumat, 13 September 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pencanangan dan peninjauan langsung di kawasan Wanagama Nusantara yang terletak di Zona Rimba Kota B, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Langkah ini merupakan bagian dari strategi besar pemerintah untuk mendukung kelestarian lingkungan, pendidikan berkelanjutan, serta restorasi ekosistem di IKN Nusantara.

Kawasan Wanagama Nusantara terinspirasi dari keberhasilan konsep serupa di Yogyakarta, tepatnya di Hutan Pendidikan Wanagama milik Universitas Gadjah Mada (UGM). 

BACA JUGA:Celios Menilai Megaproyek IKN Nusantara Gagal: Tantangan Pembangunan dan Risiko Ekonomi

BACA JUGA:Ini Penjelasan Presiden Jokowi Batal Pindah Kantor ke IKN Nusantara: Kesiapan Air dan Listrik Jadi Sorotan

Di Yogyakarta, Wanagama telah lama menjadi model keberhasilan restorasi lahan kritis, serta menjadi pusat penelitian hutan tropis, pendidikan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat. 

Kini, dengan dihadirkannya Wanagama di IKN Nusantara, diharapkan model serupa dapat diimplementasikan di Kalimantan, terutama untuk mengatasi tantangan besar dalam konservasi hutan dan perubahan iklim.

Tujuan Besar Pembangunan Kawasan Wanagama Nusantara

Pembangunan kawasan Wanagama Nusantara di IKN bukan hanya sebatas proyek konservasi, tetapi juga mencakup tujuan lebih besar. 

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pencanangan ini bertujuan untuk melestarikan hutan, memulihkan keanekaragaman hayati, serta membangun pusat pendidikan dan penelitian lingkungan yang terintegrasi. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kalimantan Timur: Luas IKN Nusantara Ternyata Tiga Kali Luas Negara Singapura

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kalimantan Timur: Dua Kabupaten Usul Bentuk Daerah Otonomi Baru Provinsi IKN Nusantara

Dengan demikian, kawasan ini diharapkan menjadi model percontohan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di masa depan.

Rektor Universitas Gadjah Mada Ova Emilia, yang turut hadir dalam acara tersebut, menjelaskan bahwa Wanagama Nusantara akan menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan konservasi yang mendukung keberlanjutan ekosistem Kalimantan. 

Kategori :