Toyota Corolla Twincam Liftback: Dari Mobil Kurang Diminati Hingga Jadi Primadona Klasik

Senin 30-09-2024,14:56 WIB
Reporter : Koer
Editor : Erika

PALPOS.ID-Toyota Corolla Twincam Liftback yang diperkenalkan pada tahun 1987 hingga 1990 adalah mobil yang memiliki karakter tersendiri di jajaran mobil klasik.

Meskipun keberadaannya singkat, model ini meninggalkan kesan kuat bagi penggemar otomotif, terutama di kalangan kolektor mobil klasik.

Diluncurkan sebagai varian liftback dari Toyota Corolla Twincam sedan dengan kode body AE92, Corolla Liftback menawarkan keunikan yang tidak dimiliki model sedan pada umumnya.

Salah satu ciri khas utamanya adalah kaca dan pintu bagasi yang menyatu, memberikan kemudahan dalam membuka bagasi sekaligus memperkuat kesan sporty.

BACA JUGA:Toyota Corolla KE70 vs TE71: Dua Ikon dengan Karakter Berbeda dalam Satu Generasi

BACA JUGA:Ferrari Uji Coba Mobil Listrik Pertama: Kombinasi Elegan Antara SUV Levante dan Kekuatan Listrik

Pada awal peluncurannya, Corolla Liftback kurang diminati di Indonesia karena desain liftback yang dianggap kurang menarik. Mayoritas konsumen lebih menyukai model sedan yang tampilannya lebih konvensional.

Namun, seiring waktu, selera masyarakat berubah. Desain sporty yang diusung Corolla Liftback mulai menarik perhatian para kolektor dan penggemar otomotif, yang kini memandang mobil ini sebagai ikon klasik.

Popularitas yang meningkat dan masa edar yang singkat membuat unitnya menjadi semakin langka dan bernilai tinggi, terutama jika dalam kondisi prima.

Toyota Corolla Twincam Liftback dikenal memiliki desain yang memadukan karakter sedan dan hatchback, yang bagi sebagian orang dianggap tidak lazim.

BACA JUGA:Makin Lincah dan Responsif! Toyota GR86 Hadir dengan Upgrade Handling dan Performa Baru

BACA JUGA:Kemewahan Toyota Cressida: Ikon Elegan Era 80-an yang Tak Pernah Pudar

Kombinasi buntut yang setengah sedan dan setengah hatchback ini justru menjadi daya tarik tersendiri di kalangan penggemar mobil klasik, meskipun pada masanya desain ini tidak sesuai dengan selera pasar Indonesia.

Karena periode edar yang singkat, ketersediaan unit di pasaran saat ini sangat terbatas, sehingga Corolla Liftback sering kali dihargai tinggi, terutama jika dalam kondisi baik.

Dengan mesin 4AF DOHC 16 valve berkapasitas 1.600 cc karburator, Corolla Liftback mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 hp pada 6.000 rpm dan torsi 126,5 Nm pada 4.000 rpm.

Kategori :