BMW M3 GTR Strassenversion: Legenda Langka dengan Jiwa Balap Sejati.

Selasa 18-03-2025,11:19 WIB
Reporter : Koer
Editor : Dahlia

Velg dan Ban: 

Depan: 225/40-19 dengan velg 8"x19"

Belakang: 255/35-19 dengan velg 9,5"x19"

Desain: Bodykit aerodinamis dengan skirt depan dan belakang lebih panjang serta sayap belakang besar

Salah satu aspek paling mencolok dari M3 GTR Strassenversion adalah pendekatannya yang tanpa kompromi terhadap performa.

Untuk mengurangi bobot sebanyak mungkin, BMW menghilangkan hampir semua fitur kenyamanan: tidak ada AC, tidak ada sistem audio, bahkan tidak ada kursi belakang.

Interiornya didominasi warna hitam dengan desain minimalis, mengingatkan kita bahwa ini bukan mobil untuk bersantai—ini adalah mesin balap yang kebetulan bisa dikendarai di jalan raya.

Terlalu Cepat untuk Kompetisi

Pada musim balap 2001, BMW M3 GTR langsung menunjukkan dominasinya.

Dalam sepuluh balapan ALMS GT, mobil ini memenangkan tujuh kali posisi pertama dan ketiga, membuktikan bahwa mesin V8 mereka adalah keputusan yang tepat.

Namun, kesuksesan luar biasa ini justru menjadi masalah. Para pesaing menganggap bahwa M3 GTR adalah "prototipe terselubung" yang tidak memenuhi semangat regulasi.

Hasilnya? Aturan pun diubah. Regulasi baru mewajibkan bahwa minimal 100 unit homologasi harus diproduksi untuk mendapatkan legalitas di ajang balap.

Ini adalah pukulan telak bagi BMW, karena mereka hanya membuat 10 unit versi jalan raya dan beberapa unit balap.

Dengan perubahan aturan ini, BMW terpaksa mundur dari ALMS setelah hanya satu musim yang luar biasa.

Namun, perjalanan M3 GTR tidak berakhir di sana. Di Eropa, mobil ini masih mendapat tempat di berbagai ajang balap ketahanan, termasuk balapan 24 jam Nürburgring antara 2003 hingga 2005, di mana ia terus menunjukkan kehebatannya.

Keunikan dan Status Kolektor

Kategori :