Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat sebesar 17%, disusul File access yang meningkat 16%, kemudian web browsing juga meningkat 12% serta game meningkat 46%.
Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 46%, YouTube naik 9%, TikTok 18%, dan Netflix naik 10%.
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26%, trafik X meningkat 23% dan Meta (Facebook) 4%.
Sementara itu web browsing naik 12% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19%.
Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19% dibanding hari normal.
Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :
1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 44%
2. Provinsi, DIY dengan kenaikan sebesar 25%
3. Provinsi, Jawa Barat dengan kenaikan sebesar 20 %
4. Provinsi, Jawa Timur dengan kenaikan sebesar 28%
5. Provinsi, Banten dengan kenaikan sebesar 10 %
6. Provinsi, Nusa Tenggara Barat dengan kenaikan sebesar 29 %
7. Provinsi, Lampung dengan kenaikan sebesar 29 %
8. Provinsi, Sumatra Barat dengan kenaikan sebesar 23 %