Mitsubishi Lancer Evolution IV – Era Kejayaan Si Empat Mata Penghancur Asfalt.

Kamis 17-04-2025,10:21 WIB
Reporter : Koer
Editor : Dahlia

Mesin Bertenaga yang Melegenda

BACA JUGA:Realme 13 Pro+ 5G Hadir dengan Penyimpanan Luas dan RAM Dinamis hingga 24GB

BACA JUGA:Didukung Honda Brio, WR-V, BR-V dan CR-V, Honda Catat Peningkatan Penjualan di Bulan Maret 2025

Di balik kapnya, Evo IV membawa senjata pamungkas: mesin 4G63T legendaris.

Mesin 2.0L turbocharged 4-silinder ini menghasilkan 276 hp (secara resmi dibatasi, tapi kenyataannya bisa lebih) dan torsi brutal yang siap menekan punggung Anda ke jok sejak pedal gas diinjak.

Namun, yang menjadikan Evo IV istimewa bukan hanya angka tenaga.

Ini adalah Evo pertama yang menggunakan sistem Active Yaw Control (AYC) — teknologi canggih Mitsubishi yang mengatur distribusi torsi ke roda belakang untuk memberikan traksi dan handling optimal, terutama saat menikung tajam di kecepatan tinggi.

Ditambah sistem all-wheel drive canggih, Evo IV bukan hanya cepat di garis lurus, tapi juga sangat lincah di tikungan.

Di jalan basah, berkerikil, atau aspal panas, Evo IV seolah punya cengkeraman supernatural. Tak heran, warisan WRC (World Rally Championship) begitu kental di dalam mobil ini.

Transmisi yang Mengajak Berkomunikasi

Mitsubishi menyandingkan mesin gahar ini dengan transmisi manual 5-percepatan yang responsif, membuat pengemudi benar-benar terhubung dengan mobil.

Setiap perpindahan gigi terasa mekanis dan presisi — suara khas turbo yang menghembuskan napas, diikuti letupan halus dari knalpot saat pindah gigi, adalah simfoni bagi telinga para petrolhead.

Kabin yang Sederhana Tapi Fokus

Masuk ke dalam kabin, Anda tidak akan menemukan kemewahan seperti di sedan masa kini.

Tapi siapa yang peduli? Evo IV bukan tentang kenyamanan, melainkan tentang koneksi antara pengemudi dan mobil.

Kursi semi-bucket Recaro langsung memeluk tubuh Anda, memastikan posisi duduk sempurna untuk mengendalikan monster ini.

Kategori :