Api ini kemudian menyebar ke ruang utama yang berisi campuran bahan bakar-udara yang lebih ramping, menciptakan pembakaran yang lebih lengkap dan bersih.
BACA JUGA:PLN ULP Baturaja Gerak Cepat Pulihkan Listrik Pasca Insiden Tiang Roboh di Baturaja Timur
BACA JUGA:Era Baru Otomotif Indonesia: KG Mobility dan PT Pindad Lahirkan Mobil Listrik Nasional.
Hasilnya adalah pengurangan drastis emisi berbahaya seperti nitrogen oksida (NOx), tanpa kehilangan tenaga atau efisiensi.
Teknologi ini adalah pencapaian teknik yang luar biasa.
Pada saat produsen lain masih mencoba-coba, Honda sudah menemukan kunci untuk memproduksi mobil yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan pengalaman berkendara.
1978: Penyempurnaan dalam Bentuk dan Fungsi
Civic CVCC tahun 1978 merupakan bagian dari generasi pertama Honda Civic yang diproduksi dari 1972 hingga 1979. Tahun ini membawa serangkaian pembaruan yang halus namun signifikan.
Secara visual, desainnya sedikit disempurnakan untuk memberi kesan yang lebih modern dan aerodinamis—tanpa kehilangan ciri khas bentuk kotak kompak yang membuatnya ikonik.
Di bawah kapnya, model 1978 dilengkapi dengan mesin 1.5 liter inline-4 yang menghasilkan sekitar 60 hingga 63 tenaga kuda—angka yang cukup tangguh untuk ukuran mobil kompak pada masanya.
Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 4-percepatan atau transmisi otomatis 2-percepatan buatan Honda.
Meski dari segi angka tenaga terlihat sederhana, kombinasi bobot mobil yang ringan, suspensi yang disetel dengan cermat, dan distribusi berat yang seimbang membuat Civic CVCC terasa lincah dan menyenangkan dikendarai.
Bahkan dalam konfigurasi dasarnya, Civic CVCC 1978 menawarkan pengalaman berkendara yang responsif dan konsumsi bahan bakar yang impresif—mencapai hingga 40 mil per galon (mpg).
Angka ini luar biasa pada masanya dan menjadikannya pilihan favorit bagi mereka yang mencari kendaraan ekonomis namun tetap andal.
Lebih dari Sekadar Mobil Hemat
Namun Civic CVCC bukan hanya soal efisiensi. Ia juga terkenal karena kepraktisan dan daya tahan.