BACA JUGA:Aset Dana Pensiun Tembus Rp1.524 Triliun, OJK Soroti Pertumbuhan Peserta Capai 29,04 Juta Jiwa
BACA JUGA:Dana Pensiun Bisa Jadi Solusi Pembayaran Pesangon PHK Masih Dikesampingkan Banyak Perusahaan
Langkah Edukasi DANA: Kampanye #AwasJebakanBadman
Sebagai bentuk respons terhadap maraknya modus penipuan yang mencatut namanya, DANA meluncurkan kampanye #AwasJebakanBadman, yang bertujuan untuk mengedukasi pengguna agar lebih waspada dan memahami ciri-ciri penipuan digital.
Kampanye ini menyoroti tiga langkah utama yang dapat diikuti oleh pengguna untuk mendeteksi dan melawan aksi penipuan online, yakni:
1. Monitor – Waspada Kanal Komunikasi Tidak Resmi
Pengguna diminta untuk selalu mewaspadai pihak yang mengaku sebagai CS DANA, apalagi jika komunikasi dilakukan lewat WhatsApp.
Perlu diingat, DANA tidak pernah menyediakan layanan customer service melalui WhatsApp.
Kanal resmi DANA untuk pengaduan hanya melalui:
Fitur Diana di aplikasi DANA
Email resmi: help@dana.id
Call center: 1500 445
Akun media sosial DANA yang telah terverifikasi (centang biru)
Jika ada yang menghubungi Anda di luar jalur tersebut, bisa dipastikan itu adalah penipuan.
2. Konfirmasi – Periksa Validitas Kontak atau Tautan
Langkah berikutnya adalah memverifikasi informasi mencurigakan.
Aplikasi DANA memiliki fitur DANA Protection yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian nomor telepon, tautan, atau akun media sosial.
Cara pakai fitur DANA Protection:
Copy dan paste informasi mencurigakan ke kolom yang tersedia