Menurutnya, PIM menjadi contoh nyata bagaimana institusi swasta dapat berperan dalam mendukung agenda strategis pemerintah dan Bank Indonesia dalam mewujudkan ekosistem pembayaran digital yang inklusif.
“Transformasi digital bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau perbankan, tetapi juga pelaku usaha, termasuk pusat perbelanjaan seperti Palembang Indah Mall.
Kami berharap keberhasilan ini dapat menjadi model bagi pusat-pusat perbelanjaan lain di Sumatera Selatan dan wilayah sekitarnya,” ujarnya.
Bank Indonesia mencatat bahwa penggunaan QRIS di Sumatera Selatan terus menunjukkan tren peningkatan.
Hingga kuartal pertama 2025, jumlah merchant yang telah menggunakan QRIS mencapai lebih dari 250 ribu di seluruh provinsi, dengan Palembang sebagai kontributor terbesar.
Program percepatan implementasi QRIS ini juga sejalan dengan tujuan Bank Indonesia untuk mewujudkan sistem pembayaran nasional yang cepat, aman, efisien, dan inklusif.
Melalui Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan kampanye #AyoPakaiQRIS, BI menargetkan seluruh lapisan masyarakat – termasuk UMKM, pelajar, hingga pelaku usaha modern – dapat terintegrasi dalam ekosistem pembayaran digital nasional.
Mall sebagai Agen Perubahan Digital
Sebagai pusat perbelanjaan yang telah beroperasi lebih dari dua dekade, Palembang Indah Mall terus menunjukkan kapasitasnya untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Tidak hanya dari sisi desain dan kenyamanan, tetapi juga dalam pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan.
Le Garden dan Le Markt sebagai dua zona kuliner unggulan, kini tidak hanya dikenal karena suasana yang nyaman dan pilihan makanan yang variatif, tetapi juga karena kemudahan dan keamanan sistem pembayaran digitalnya.
Inovasi ini membawa nilai tambah bagi mall dan tenant, serta memperkuat posisi PIM sebagai destinasi belanja dan kuliner yang modern dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Di tengah dinamika dunia ritel yang semakin kompetitif, langkah PIM dalam mengintegrasikan teknologi digital menjadi faktor pembeda yang signifikan.
Hal ini menjadi bukti bahwa pusat perbelanjaan tradisional pun dapat tetap eksis dan berkembang dengan memanfaatkan inovasi dan kolaborasi strategis.
Komitmen Berkelanjutan
Ongky Prastianto menegaskan bahwa apresiasi dari Bank Indonesia menjadi penyemangat baru bagi manajemen PIM untuk terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi digital.