Sepi Peminat! Penjualan Audi hingga VW di Indonesia Cuma Belasan Unit per Bulan.

Jumat 30-05-2025,11:25 WIB
Reporter : Koer
Editor : Dahlia

Apakah Brand Global Harus Menyerah?

Meskipun penjualan bulan April 2025 tergolong rendah, bukan berarti merek-merek global seperti Audi, VW, dan Volvo tidak memiliki peluang.

Pasar otomotif Indonesia masih berkembang dan terus berubah. Kunci utamanya adalah adaptasi dan strategi jangka panjang.

Langkah yang Bisa Ditempuh:

* Mengembangkan produk lokal atau CKD (Completely Knocked Down) agar harga jual lebih kompetitif.

* Menggandeng mitra lokal untuk memperluas jaringan distribusi dan layanan purna jual.

* Meluncurkan model yang lebih relevan, seperti SUV atau MPV murah yang cocok dengan preferensi konsumen Indonesia.

* Kampanye edukasi dan brand awareness yang agresif untuk memperkenalkan merek dan nilai jual unik masing-masing.

Potensi EV dan Mobil Masa Depan

Beberapa merek seperti Seres dan Haval sebenarnya punya keunggulan di sektor mobil listrik (EV).

Dengan dorongan dari pemerintah Indonesia untuk mempercepat transisi ke kendaraan listrik, merek-merek ini bisa mengambil ceruk pasar baru yang belum dikuasai sepenuhnya oleh brand Jepang.

Namun, untuk itu mereka harus segera melakukan langkah konkret seperti:

* Menurunkan harga dengan subsidi atau kemitraan lokal,

* Menyediakan jaringan charging station yang memadai,

* dan meningkatkan edukasi tentang manfaat kendaraan listrik kepada publik.

Data Gaikindo bulan April 2025 menjadi cermin keras bagi merek-merek global di industri otomotif Indonesia.

Kategori :