* Dimulai dari Civic SB3 atau lebih dikenal dengan sebutan Civic Setrikaan—karena desain bodinya yang pipih dan tajam—mobil ini berhasil membuka jalan untuk dominasi Civic di segmen hatchback Indonesia.
BACA JUGA:Tata Altroz 2025 Siap Masuk Indonesia? Hatchback Rp130 Jutaan Bikin Brio Goyang!
BACA JUGA:Volvo EX30: Mobil Listrik Termurah dengan Fitur Mewah dan Rasa Aman Tinggi.
* Kemudian estafet diteruskan oleh Nouva, yang tampil lebih modern, sporty, dan sangat mewakili semangat era 90-an.
* Setelah itu, muncul Civic Estilo, yang langsung merajai hati para penggemar JDM (Japanese Domestic Market) dan bahkan hingga kini menjadi incaran kolektor.
Tiga generasi Civic hatchback ini membentuk trio ikonik yang tidak hanya laris di pasaran, tapi juga membentuk budaya otomotif anak muda Indonesia.
Desain Civic Nouva: Retro Tapi Tetap Ganteng
Salah satu alasan kenapa Civic Nouva masih sangat digandrungi hingga hari ini adalah karena desainnya yang sudah keren dari sononya.
Garis-garis bodinya tegas, proporsi dimensinya kompak namun dinamis, dan lekukan jendelanya memberikan siluet yang sangat khas.
Di zamannya, tampilan ini terasa futuristik dan sporty.
Tapi hebatnya, hingga kini pun desain Civic Nouva tetap enak dipandang, bahkan makin dihargai karena aura retro-nya yang semakin langka.
Bagi pemilik unit standar, cukup kembalikan tampangnya ke kondisi orisinal: pelek palang khas era 90-an, bumper orisinal, dan grille standar—maka tampilan ganteng itu langsung kembali.
Tak perlu modifikasi ekstrem, karena Civic Nouva memang sudah ganteng dari lahir.
Performa dan Teknologi di Eranya
Secara teknis, Civic Nouva menggunakan mesin D15B SOHC berkapasitas 1.5 liter, yang dikenal handal, responsif, dan irit bahan bakar.
Mesin ini dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.