Honda RS e:HEV dibekali mesin 1.5L DOHC i-VTEC Atkinson Cycle dengan dua motor listrik dan transmisi e-CVT.
Total output sistemnya mencapai 131 PS dengan torsi puncak 253 Nm yang instan dari motor listrik. Sistem hybrid e:HEV terkenal efisien dan bertenaga di kecepatan rendah-menengah.
Sementara itu, Toyota Yaris Cross Hybrid mengusung mesin 1.5L yang dipadukan dengan sistem Toyota Hybrid System (THS) generasi kedua.
Output gabungan sistem ini adalah 111 PS dan torsi 141 Nm. Memang secara angka kalah dari Honda, tapi THS terkenal akan kehalusan dan efisiensi yang luar biasa.
Namun dari sisi akselerasi, RS e:HEV lebih responsif. Hal ini bisa dirasakan terutama saat kick-down atau saat mendahului kendaraan di jalan raya.
Skor Performa:
* Honda RS e:HEV: ★★★★★
* Toyota Yaris Cross Hybrid: ★★★★☆
Konsumsi BBM dan Efisiensi
Bicara soal efisiensi, Toyota Yaris Cross Hybrid mencatat konsumsi bahan bakar sekitar 26-30 km/liter dalam kondisi ideal, tergantung gaya berkendara.
Ini karena sistem hybrid Toyota bekerja lebih sering dalam mode EV di kecepatan rendah.
Sementara Honda RS e:HEV juga mencatat efisiensi yang baik di kisaran 23-27 km/liter, namun sedikit kalah irit dibanding Yaris Cross.
Tapi performanya yang lebih galak bisa jadi kompensasi menarik.
Skor Efisiensi BBM:
* Honda RS e:HEV: ★★★★☆
* Toyota Yaris Cross Hybrid: ★★★★★