Mobil ini begitu proporsional hingga banyak produsen bodykit aftermarket seperti Vertex, Origin Lab, dan Rocket Bunny menciptakan varian khusus untuk S15.
BACA JUGA:2001 Audi RS4 Avant: Kombinasi Brutal Antara Kepraktisan dan Performa Tinggi.
BACA JUGA:Anoa 3 APC 6x6: Kendaraan Tempur Lokal dengan Standar NATO.
Tidak heran jika Silvia S15 menjadi langganan tampil di ajang kontes modifikasi hingga drifting level dunia.
Mesin SR20DET Turbo, Simbol Kecepatan Abadi
Jantung pacu dari Nissan Silvia S15 adalah mesin legendaris SR20DET, sebuah mesin 4 silinder DOHC 2.0L turbocharged dengan intercooler.
Tenaga standarnya mencapai 250 PS pada 6.400 rpm dengan torsi maksimum 275 Nm pada 4.800 rpm.
Ini adalah angka yang luar biasa untuk mobil sport dua pintu di zamannya.
SR20DET sangat disukai karena konstruksi block-nya yang kuat dan mudah di-upgrade.
Hanya dengan penggantian ECU, intercooler lebih besar, dan turbo aftermarket seperti Garrett atau HKS, tenaga bisa digenjot hingga 350-400 hp tanpa perlu overhaul total.
Tak heran mesin ini menjadi pilihan utama untuk balap drift dan time attack.
Ditambah lagi, transmisi manual 6 percepatan yang digunakan S15—khususnya varian Spec-R—membuat pengalaman berkendara makin visceral dan menyenangkan.
Gear ratio-nya rapat dan presisi, cocok untuk pengendalian maksimal di tikungan tajam maupun akselerasi lurus.
Handling Tajam dengan Platform FR (Front-engine, Rear-wheel drive)
Nissan Silvia S15 dibangun di atas sasis FR, dengan mesin di depan dan penggerak roda belakang. Ini adalah setup klasik yang sangat disukai oleh para drifter dan pembalap. Distribusi bobot yang seimbang membuatnya sangat stabil di tikungan cepat maupun saat melakukan drifting.
Suspensi independen di keempat roda memberikan bantingan yang cukup firm tapi masih nyaman untuk pemakaian harian.