BATURAJA, PALPOS.ID - PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lahat dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Baturaja bergerak cepat atasi gangguan jaringan listrik yang terdampak hujan deras disertai angin kencang di Desa Padang Bindu, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Minggu (22/6) malam.
Cuaca ekstrem menyebabkan robohnya pohon sehingga menimpa jaringan listrik, mengakibatkan padamnya aliran listrik di sebagian Kecamatan Semidang Aji dan wilayah Kecamatan Ulu Ogan pada pukul 23.00 WIB.
PLN mencatat kerusakan pada infrastruktur material Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 300 meter.
Dengan sigap, PLN menerjunkan 11 personel gabungan dari UP3 Lahat dan ULP Baturaja untuk melakukan penelusuran titik gangguan dan perbaikan menyeluruh sepanjang jalur yang terdampak.
BACA JUGA:Resmob Singa Ogan Ringkus Pria Pemilik Senpi Ilegal di Tanjung Kemala
BACA JUGA:252 Jemaah Haji OKU Tiba Selamat di Tanah Air
Berkat kesigapan dan kerja keras petugas di lapangan, pasokan listrik berhasil dipulihkan sepenuhnya pada pukul 05.30 WIB, Senin pagi (23/6).
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), Adhi Herlambang, mengapresiasi kecepatan respon tim di lapangan.
Menurutnya, keandalan layanan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama PLN, terutama dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem.
“Dalam situasi darurat seperti ini, kecepatan dan ketepatan respon adalah kunci.
BACA JUGA:Geger, Warga Sekarjaya OKU Ditemukan Meninggal Dunia di Dekat Pohon Nangka
BACA JUGA:Warga Sinar Peninjauan Serahkan Senpira Laras Panjang ke Polisi
Kami memastikan sistem kelistrikan kembali pulih dengan tetap mengutamakan keselamatan personel dan masyarakat.
Terima kasih atas dukungan masyarakat dan kepada seluruh tim yang bekerja tanpa kenal waktu demi menjaga pasokan listrik tetap andal,” ujar Adhi.
Lebih lanjut, Adhi juga mengimbau masyarakat untuk aktif melaporkan potensi gangguan seperti pohon dekat jaringan listrik atau tiang miring ke layanan pengaduan PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123 agar dapat ditangani secara preventif.