Bagi pengendara yang terbiasa mengendarai superbike standar, perbedaan rasa stabilitas ini akan sangat terasa begitu mereka mencoba RSV4 X-GP.
BACA JUGA:Rival Baru BMW 3 Series? Intip Kecanggihan Lexus IS 2025
BACA JUGA:Harga TVS Ntorq 150 Cuma Segini, Fiturnya Bikin Pesaing Jepang Ketar-Ketir
Mesin V4 Brutal dengan Tenaga 238 HP
Di balik fairing agresifnya, terdapat jantung pacu yang luar biasa buas. Aprilia RSV4 X-GP mengusung mesin V4 berkapasitas 1.099cc, basisnya sama dengan RSV4 Factory, namun telah mendapatkan sentuhan khusus dari divisi Aprilia Racing.
Hasilnya, tenaga motor melonjak hingga 238 hp dengan torsi maksimum 131 Nm. Angka ini naik sekitar 18 hp dari versi standar berkat penggunaan ECU Aprilia Racing APX, yang terhubung dengan sistem GPS seperti yang dipakai pada ajang WorldSBK.
ECU ini bukan hanya meningkatkan tenaga, tetapi juga memberi keleluasaan pengendara dalam mengatur peta tenaga (engine map) sesuai kebutuhan lintasan.
BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Kawasaki Z H2 SE 2026, Lawan Ducati Streetfighter V4
BACA JUGA:Intip Eksklusif Yamaha MT-07 Edisi Grand Prix Le Mans 2025
Dengan bantuan data GPS, motor dapat menyesuaikan karakter mesin secara otomatis, membuatnya benar-benar seperti motor balap profesional.
Bila dibandingkan dengan motor superbike jalan raya, jelas RSV4 X-GP berada di level yang berbeda.
Bahkan, beberapa pengamat menyebut tenaga 238 hp ini sudah setara dengan performa motor prototipe balap di era awal MotoGP 1000cc.
Komponen Balap yang Tidak Main-Main
BACA JUGA:Kawasaki Ninja H2R 2026: Hyperbike Buas dengan Tenaga 310 HP, Harga Rp 1,1 Miliar!
BACA JUGA:Yamaha TZR50: Baby Sport Bike 2-Tak yang Jadi Incaran Kolektor
Aprilia tidak berhenti hanya di sektor mesin. Hampir seluruh detail motor ini mendapat perlakuan khusus layaknya motor balap.