Desain ini membantu mengarahkan aliran udara ke area samping, menambah downforce saat motor dalam posisi miring.
Suspensi dan Pengereman: Full Racing Oriented
Untuk menunjang performa di sirkuit, Ducati memasang komponen suspensi kelas atas:
BACA JUGA:Skutik Baru Honda NS150XC Gaya Petualang, Fitur Lengkap dan Mesin Tangguh!
BACA JUGA:Yamaha RZ250 1980: Supersport 2-Tak Ringan dengan Performa Menggila
Fork upside-down Ohlins NPX25/30
Monoshock Ohlins TTX36
Keduanya masih menggunakan sistem mekanikal, bukan semi-active elektronik seperti di varian Panigale V4 S.
Namun, sudah ada tambahan sensor travel suspensi yang berfungsi untuk data logger, penting untuk pembalap yang ingin mengatur setup motor secara detail.
BACA JUGA:Makin Lengkap dan Modern! Zontes 368G Ultimate Edition 2026, Skutik Petualang Garang dari China
BACA JUGA:Debut Honda CBR500R Four, Mesin Inline-Four 502cc Tenaga 80 HP
Di sektor pengereman, Panigale V4 R mengandalkan kaliper Brembo Hypure monoblok 4-piston dengan cakram depan 330 mm semi-floating, memberikan daya henti luar biasa di lintasan.
Transmisi Balap: Ducati Race Gearbox (DRG)
Salah satu keunikan Ducati Panigale V4 R 2026 adalah sistem transmisinya yang berbeda dari motor sport jalanan biasa.
Gearbox yang digunakan adalah Ducati Race Gearbox (DRG), di mana gigi satu tidak ditarik ke atas melainkan didorong ke bawah.
BACA JUGA:Review Honda CB500 Super Four: Desain Klasik, Fitur Modern, Mesin Kencang