Indahnya Danau Mas, Destinasi Wisata Baru di Muara Enim

Indahnya Danau Mas, Destinasi Wisata Baru di Muara Enim

MUARAENIM, PALPOS.ID - Untuk mendukung program pemerintah pusat. Pemerintah Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim bersama pemuda karang taruna telah membangun fasilitas objek wisata danau di daerahnya sebagai upaya pemulihan ekonomi melalui pembangunan Desa Wisata danau Mas.

Nama Danau Mas ini dicetus oleh Kepala Desa Ujan Mas Baru, Samsir berdasarkan musyawarah dengan BPD, tokoh adat dan perwakilan masyarakat.

Nama Danau Mas diambil dari 3 unsur yakni pertama terletak di wilayah Ujan Mas, kedua airnya kekuning-kuningan seperti emas dan ketiga karena penduduk di sekitar danau tersebut rata-rata orang jawa yang sering kita panggil khusus laki-laki yaitu Mas.

Untuk fasilitas yang tersedia untuk sementara waktu yaitu wahana air (bebek-bebekan dan perahu), beberapa spot foto, pondok-pondokan, toilet umum, pondok makan serta beberapa tempat jualan makanan dan minuman. Selain itu, ada penguat jaringan seluler dibantu oleh Diskominfo.

Ada satu keunikan fasilisitas yang disedikan oleh pengelola dan wajib dicoba yakni ikan terapi. Danau Mas ini dikelilingi mudah dijangkau lokasi ini dapat ditempuh dari pusat kota Muara Enim 18 Km atau 20 menit perjalanan. 

Rian Hardianto SE. selaku pengelola Danau Mas, mengatakan   Desa wisata ini merupakan program implementasi kebijakan pemerintah pusat. “Pengembangan desa wisata ini mendukung pencapaian indikator percepatan pengembangan destinasi pariwisata prioritas,” ujar Rian, Jumat (24/06).

Dia menjelaskan, keberadaan desa wisata akan menopang pembangunan dan bergeraknya perekonomian masyarakat. Artinya, selain potensi desa yang tergali, pengembangan desa wisata juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat desa tersebut.

“Saat ini masih dalam tahap pembangunan dan perlu dukungan baik pemerintah maupun perusahaan seperti pembangunan fasilitas akses jalan di sekitar danau membutuhkan jalan setapak dan cor agar jika musim hujan tiba motor dan mobil bisa langsung masuk ke tempat parkir area dalam. selain jalan cor Danau Mas juga masih kekurangan fasilitas musala dan taman di sekitar Danau Mas,” ungkapnya.

Lanjutnya, adanya pembangunan Danau Mas ini mendapat dukungan penuh masyarakat. Sebab Desa wisata tak hanya mengeksplor potensi yang ada, tapi juga meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat karena desa wisata memiliki triple down effect (Efek tiga kali lipat) yang langsung dirasakan masyarakat.

“Respon masyarakat alhamdulillah baik dan sangat mendukung dengan adanya pembangunan Danau Mas. Selain bisa mengangkat nama Desa Ujan Mas Baru, Danau Mas juga bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Desa) yang nantinya Insya Allah bisa meningkatkan Kesejahteraan masyarakat sesuai dengan semboyan Kepala Desa Samsir (Maju Desanya Sejahtera Rakyatnya),” ujarnya.

Untuk pengembangan dan pembangunan objek wisata Danau Mas ini, kata dia, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Meski masih dalam tahap pembangunan, lanjutnya, pengunjung selalu ramai datang ke Danau Mas.

“Kalu hari libur Sabtu-Minggu sekitar 500 pengunjung. Kalu hari biasa  100 pengunjung. hari Besar seperti tahun baru/lebaran bisa sampai ribuan pengunjung. Untuk sementara ini karena baru buka, pihaknya idak ngitung per kepala tetapi ngitung per kendaraan dengan harga tiket untuk motor Rp5000 dan mobil Rp10.000,” tutupnya. (ozi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: danau mas