Sungai Enim Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir Mencapai 2 Meter

Sungai Enim Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir Mencapai 2 Meter

MUARAENIM, PALPOS.ID  Ratusan rumah di Kabupaten Muaraenim terendam banjir yang mencapai 2 meter. Banjir tersebut disebabkan meluapnya Sungai Enim, Minggu (26/06) dinihari tadi.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengatakan ratusan rumah penduduk yang terdampak banjir itu tersebar di Kecamatan Tanjung Enim, Tanjung Agung, dan Muara Enim. 

Berdasarkan data tim pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana Muara Enim, dari tiga lokasi tersebut, rumah penduduk yang terendam banjir terbanyak berada di Kecamatan Tanjung Enim, yakni sekitar 540 unit.

"Lokasi banjir terparah di Jalan Lingga 1 dan Jalan Tanjung Buruk, Tanjung Enim yang digenangi air dengan ketinggian air capai dua meter," katanya.

Untuk dua Kecamatan lainnya yang terdampak banjir ada tiga unit rumah, karena mencakup kawasan industri pertambangan dan perkebunan. Ia menjelaskan, banjir tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, yang disebabkan oleh luapan air Sungai Enim setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu (26/06) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Dari kejadian tersebut, Petugas BPBD Muara Enim, DPKP Muara Enim bergerak bersama PT SBS  mengevakuasi korban banjir yang mencapai 543 kepala keluarga.

Para korban banjir yang meliputi ibu, anak-anak dan lanjut usia dievakuasi petugas menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman.

"Kondisi terkini wilayah yang terdampak banjir sebagian sudah mulai surut," kata dia.

Hingga kini petugas masih bersiaga di lokasi terdampak banjir untuk mengantisipasi banjir susulan dengan mendirikan posko. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bpbd sumsel