KPU OKU Prediksi Banyak Partai Baru Ramaikan Pemilu 2024

KPU OKU Prediksi Banyak Partai Baru Ramaikan Pemilu 2024

BATURAJA, PALPOS.ID - Ketua KPU  Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Wijaya, memprediksi bahwa banyak partai politik baru bermunculan yang akan meramaikan Pemilu 2024 mendatang.

"Pada Pemilihan Umum (Pemilu) nanti di OKU diprediksi akan diramaikan sejumlah Partai Politik (Parpol) baru," kata Naning, saat dibincangi, Kamis (14/7).

Menurut dia, sejauh ini perkembangan Parpol di Kabupaten OKU cukup tumbuh subur dengan bermunculannya sejumlah nama partai baru yang sudah terbentuk sejak beberapa tahun terakhir.

Adapun partai baru yang sudah terbentuk di Kabupaten OKU seperti Partai Umat, Partai PKN, Partai Buruh dan Partai Gelora.

Bahkan, kata dia, menjelang tahapan pendaftaran dan verifikasi Parpol sebagai peserta Pemilu 2024, masih ada partai lainnya yang bermunculan untuk ikut meramaikan pemilu mendatang.

"Total peserta pemilh 2024 nanti adalah 35 Parpol. Dari jumlah itu, 12 Parpol merupakan Parpol lama dan 13 lagi Parpol baru," tegasnya.

Terkait tahapan Pemilu 2024, sesuai dengan PKPU Nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu, salah satunya yaitu calon peserta harus melewati tahap verifikasi secara administrasi dan faktual.

Untuk pelaksanaan tahapan verifikasi Parpol sendiri, kata dia, akan dilaksanakan pada 29 Juli sampai dengan 13 Desember 2022.

"Namun untuk saat ini sudah ada sekitar 34 Parpol yang sudah mengakses Sistem Informasi Partai (Sipol) KPU RI sebagai calon Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten OKU," ujarnya. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: