70 Tagana Muda Ikuti Diksar Kesiapsiagaan Bencana

70 Tagana Muda Ikuti Diksar Kesiapsiagaan Bencana

MARTAPURA, PALPOS.ID - Musim penghujan terus terjadi dibeberapa pekan terakhir ini di wilayah Kabupaten OKU Timur. Menyikapi hal itu, Dinas sosial Kabupaten OKU Timur menggelar penyelengaraan pemberdayaan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana tahun 2022. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula BPSDMP Sumsel, di Desa Peracak, Kecamatan Bunga Mayang selama tiga hari sejak 22 hingga 24 Juli 2022.

BACA JUGA:Diskannak OKU Tingkatkan Populasi Ikan di Sungai Ogan

Plt Kepala Dinas Sosial OKU Timur, Bambang Sutrisno mengatakan, kegiatan ini merupakan dasar bagi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Muda supaya dapat lebih terampil lagi serta cepat tanggap dalam menanggulangi dampak bencana.

"Dengan diselenggarakannya Diksar ini, sebagai upaya koordinasi, kolaborasi, komunikasi dan kerjasama antar semua anggota Tagana. Sebagai langkah bentuk koordinasi konstruktif dengan pemerintah daerah," jelas Bambang, Minggu (24/7).

Ditambahkan Bambang, makna dan hakiki dari keberadaan Tagana ialah sebagai garda terdepan dalam penangulangan bencana, meskipun saat ini tupoksi Tagana lebih menitikberatkan kepada pasca bencana. 

BACA JUGA:Enam Bulan Melapor, Pelaku Penganiayaan Belum Juga Ditangkap

"Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Sosial OKU Timur, ditemukan jika masih banyaknya permasalahan yang menjadi kendala dilapangan. Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh anggota Tagana OKU Timur terus dapat membuka mata dan telinga dalam menghadapi cuaca yang sangat ekstrim yang kemungkinan menimbulkan bencana di daearah ini," tambahnya.

Sementara, Ketua pelaksana kegiatan sekaligus Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Jumaidah, mengatakan, peserta Diksar Tagana Muda ini diikuti sebanyak 70 orang peserta dan mendatangkan narasumber dari Dinas Sosial Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Kemenag OKU Pastikan Kondisi Seluruh Jemaah Haji Sehat

Jumaidah menambahkan, tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan menambah keterampilan Tagana Muda di Kabupaten OKU Timur.

"Harapan kita dari kegiatan ini anggota Tagana Muda akan menjadi terampil dan mengerti manajemen bencana, terkhusus dalam mengelola dapur umum lapangan. Serta gerak cepat terhadap kejadian bencana di Kabupaten OKU Timur," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: