Cegah Stunting, Manfaatkan Potensi Pangan Lokal

Cegah Stunting, Manfaatkan Potensi Pangan Lokal

 

 

MARTAPURA, PALPOS.ID - Sebagai upaya dalam pencegahan stunting, Pemerintah Kabupaten OKU Timur, melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan TP PKK, menggelar lomba Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dengan menggunakan Pangan olahan lokal, di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Senin (25/7).

 

Bupati OKU Timur, H Lanosin Hamzah, didampingi Wabup, HM Adi Nugraha Purna Yudha, Ketua TP PKK OKUT, dr. Sheila Noberta dan Kadin Ketahanan Pangan Junadi tampak mengelilingi stand untuk mencicipi serta menilai pilihan favorit dari pangan olahan lokal. 

 

Adapun perlombaan olahan pangan lokal ini diikuti oleh 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten OKU Timur.

 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur, Junadi menyampaikan, bahwa kegiatan lomba B2SA ini dalam rangka pencegahan stunting untuk menuju OKU Timur maju lebih mulia. Berkaitan dengan hal tersebut, keanekaragaman konsumsi tanaman menjadi salah satu pilar utama dalam upaya penurunan masalah pangan dan gizi.

 

“Sasaran dari kegiatan ini adalah terbangunnya kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk mengkonsumsi pangan yang bergizi, seimbang dan aman sebagai kekuatan setiap daerah khususnya Kabupaten OKU Timur,” ungkap Junadi.

 

Sementara, Ketua TP PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta mengatakan, jika pemanfaatan pangan lokal sangat penting, karena hampir disetiap daerah Kabupaten OKU Timur memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi produk olahan yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: