Tujuh Fly Over Akan Dibangun di Muara Enim

Tujuh Fly Over Akan Dibangun di Muara Enim

Rapat Pembahasan Aset Pemkab Muara Enim untuk Pekerjaan Pembangunan di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim.Foto: Febi/Palpos.id--

Sementara itu, Sekda Muara Enim yang diwakili Kabag Pembangunan Sobirin menuturkan, Pemkab Muara Enim sangat mendukung rencana pembangunan seluruh fly over sebanyak 7 buah di wilayah Kabupaten Muara Enim. 

 

Namun sebelum melaksanakan pembangunan fly over, hendaknya PT KAI mengurus segala persyaratan dan perizinan sesuai mekanisme berlaku serta berkoordinasi dengan Pemkab Muara Enim dan instansi terkait untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

 

"Seperti untuk pembongkaran trotoar, lampu jalan, rambu-rambu dan utilitas serta pemukiman warga tentu koordinasi dan sosialisasi dahulu. Jangan ada permasalahan dilapangan baru mau berkoordinasi," tegas Sobirin.

 

Dikatakan Sobirin, sesuai rencana di Kabupaten Muara Enim akan dibangun 7 fly over dari 2023 sampai 2025. Adapun ke 7 fly over tersebut yakni Kecamatan Muara Enim, Ujan Mas, Bantaian, Gunung Megang 1 dan 2, Belimbing dan Gelumbang. Untuk tahun 2023, akan dibangun fly over di Kota Muara Enim yang akan dibangun oleh PT KAI dengan panjang 500 meter dan lebar 17 meter.

 

Setelah selesai, kata dia, langsung akan membangun fly over Ujan Mas dan Bantaian, Gunung Megang 1 dan 2, Belimbing dan Gelumbang secara bertahap sehingga akhir tahun 2025 seluruhnya bisa selesai. Dari 7 fly over tersebut, sebanyak 5 buah fly over akan dibangun oleh PT KAI dan 2 buah oleh BBPJN. 

 

Sedangkan untuk pembebasan lahan, Pemkab Muara Enim berkewajiban melakukan pembebasan lahan di dua fly over yakni fly over Bantaian dan Gelumbang, selebihnya dilakukan oleh masing-masing.

 

Selain itu, Sobirin, meminta kepada PT KAI, untuk tetap membangun taman PT KAI sesuai komitmen awal di antara taman Adipura dan stasiun KA sebab lokasi tersebut merupakan salah satu penilaian Adipura Muara Enim, karena selama ini terlihat kumuh dan tidak terurus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: