Perkuat Keandalan, PLN Garap Tol Listrik 275 kV Gumawang – Lampung 1

Perkuat Keandalan, PLN Garap Tol Listrik 275 kV Gumawang – Lampung 1

PLN bersama Pemerintah Provinsi Lampung dan seluruh instansi terkait baru berkoordinasi dalam rangka pembahasan rencana pembangunan SUTET, Jumat (05/08). -Palpos.id-Humas PLN

BANDAR LAMPUNG, PALPOS.ID - Tercatat pada Mei 2022, beban puncak Provinsi Lampung telah mencapai 1.200 MW.

Meningkatnya pertumbuhan di sektor industri, pariwisata dan pengembangan listrik perdesaan dengan angka kenaikan rata-rata sebesar 8% per tahun menjadi hal yang harus segera diantisipasi.

Salah satu upaya yang dilakukan agar keandalan dan ketahanan pasokan listrik Lampung dapat terjamin adalah dengan menyalurkan energi dari pembangkit-pembangkit yang tersebar di seluruh Pulau Sumatera.

Melalui rangkaian jaringan tol listrik Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV yang saat ini tengah dikebut pekerjaannya.

BACA JUGA:Percepat Pembangunan Tol Listrik Sumatera, PLN Lakukan Koordinasi Lanjutan Dengan PTPN VII

SUTET 275 kV Gumawang – Lampung 1 menjadi jalur transmisi yang akan segera dibangun di Provinsi Lampung. Mendukung potensi pertumbuhan sektor-sektor krusial di sana.

Dimana saat ini proses pembangunannya telah mendapatkan respon positif dari Pemerintah Provinsi Lampung. Ditandai dengan diterimanya PLN dalam kegiatan audiensi dengan Gubernur Lampung pada 09 Juni 2022. 

PLN bersama Pemerintah Provinsi Lampung dan seluruh instansi terkait baru – baru ini mengintensifkan koordinasi dalam rangka pembahasan rencana pembangunan SUTET tersebut.

Rapat dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut atas permohonan penetapan lokasi yang dilayangkan oleh pihak PLN yang dalam hal ini melalui Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP SBS), Jumat, 05 Agustus 2022.

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu Pendidikan, PLN Bantu Pelatihan Siswa-Siswi SLBN Muntok

Dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, - Ir. Zainal Abidin, M. T, rapat yang turut dihadiri juga oleh Dinas ESDM dan BAPPEDA Provinsi Lampung, secara rinci membahas tentang rencana persiapan dalam rangka proses penetapan lokasi pembangunan SUTET 275 kV Gumawang – Lampung 1. 

“Proyek SUTET ini adalah salah satu proyek strategis nasional dan ini akan sangat menunjang kemajuan dan perkembangan ekonomi Lampung. Namun demikian, seluruh pelaksanaan pekerjaan yang termasuk dalam bagian dari proyek ini harus seluruhnya berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami akan mengakselerasi proses penetapan lokasi SUTET ini guna mendukung kesuksesan pembangunan yang dilaksanakan oleh PLN,” Ujar Zainal.

Menanggapi hal tersebut, PLN yang diwakili oleh Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi UIP SBS - Eko Rahmiko menyatakan bahwa diharapkan koordinasi dan sinergi PLN – Pemprov Lampung akan semakin meningkat dalam rangka mensukseskan program pembangunan ini.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dan keterbukaan Pemprov Lampung akan pembangunan SUTET 275 kV Gumawang – Lampung 1 ini, seperti kita ketahui bersama bahwa tidak lama lagi pembangunan mega proyek Bakauheni Harbour City, Rumah Sakit Internasional, Kawasan Industri Maritim tersebar di Lampung akan segera dilaksanakan, ditambah lagi dengan pembangunan lain yang akan semakin mengembangkan potensi yang dimiliki Provinsi Lampung, hal ini tentunya harus ditunjang dengan ketahanan dan keandalan pasokan listrik yang ada," Sambut Eko.

BACA JUGA:Jaga Ekosistem Sungai, PLN Salurkan Bantuan Bibit Ikan

Selain memperkuat keandalan dan ketahanan pasokan, SUTET ini juga merupakan salah satu infrastruktur jalur transmisi tol listrik yang akan menghubungkan jaringan kelistrikan lampung ke dalam satu sistem besar kelistrikan Sumatera.

Eko mengatakan, selain digunakan untuk menyalurkan pasokan daya sebesar 2x600 MW dari PLTU Sumsel 8. SUTET 275 kV Gumawang – Lampung 1 ini juga memiliki peran penting dalam keberhasilan proyek Tol Listrik 275 kV. Kini tengah dikebut pelaksanaannya di beberapa provinsi di Sumatera.

"Sehingga sistem kelistrikan Lampung dapat terintegrasi ke dalam sebuah sistem kelistrikan besar Sumatera.  Kemudian menjamin ketersediaan pasokan listrik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Lampung. Dengan dukungan Pemprov Lampung, kami sangat berharap program pembangunan jaringan transmisi ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat beroperasi tepat waktu," Tutup Eko. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pln