BPBD Muba Ajak Semua Elemen Masyarakat Untuk Waspada dan Jaga Lingkungan

BPBD Muba Ajak Semua Elemen Masyarakat Untuk Waspada dan Jaga Lingkungan

Imbauan Kepala BPBD Kabupaten Muba H Pathi Riduan, untuk antisipasi cuaca Ekstrem. -Palpos.id-Humas BPBD Muba

SEKAYU, PALPOS.ID - Cuaca ekstrem akhir-akhir ini dan juga di musim penghujan, membuat sejumlah daerah di Indonesia mengalami kebanjiran.

Di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Muba salah satu daerah yang rawan bencana. Yakni tanah longsor, banjir dan juga angin puting beliung.

Untuk mengantisipasi, menghadapi, dan menanggulangi hal tersebut, BPBD Kabupaten Muba mengimbau kepada masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan pada cuaca ekstrem sekarang ini.

"Ya sekarang ini, curah hujan deras yang disertai angin kencang. Kita imbau kepada masyarakat terutama yang tinggal di sepanjang aliran Sungai, atau di daerah yang rawan longsor," kata Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan, Senin 10 Oktober 2022.

BACA JUGA:Pemkab Muba Dorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Sektor Komoditi

Lanjut Pathi, kita ajak semua elemen lapisan masyarakat, bersama -sama menjaga kelestarian lingkungan, dan menjaga kebersihan.

"Kita harapkan bagi masyarakat, jangan buang sampah di sungai, gorong-gorong atau saluran air lainnya, agar air tidak tersumbat dan lancar,” imbaunya.

‘’Kemudian bagi warga yang tinggal di bantaran sungai, agar waspada. Atau segera mungkin untuk pindah ke tempat lebih aman untuk menghindari bencana tanah longsor," jelasnya.

Apabila nanti masyarakat ada yang terkenal bencana, tambah Pathi, agar segera melapor ke BPBD, atau pos yang telah ditentukan, agar cepat ditanggulangi.

BACA JUGA:Kades Lurah dan Camat Harus Sukseskan Regsosek 2022 di Kabupaten Muba

"Satu lagi, bagi para petani atau warga, apabila hendak membuka lahan, agar jangan dibakar,” ungkapnya.

‘’Baiknya ditumpuk dahulu pohon atau rumput yang ditebang. Dan nanti koordinasikan sama pihak terkait tentang cara untuk membuka lahan, agar tidak terjadi bencana kebakaran hutan, kebun dan lainnya," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: