Ajak Pelajar Sukseskan Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Ajak Pelajar Sukseskan Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Gerakan Nasional (Gernas) Aksi Bergizi Tingkat Kabupaten Muara Enim yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Muara Enim.Foto:Febi/Palpos.id--

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muara Enim, menggelar Gerakan Nasional (Gernas) Aksi Bergizi Tingkat Kabupaten Muara Enim yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Muara Enim. Gerakan nasional aksi Bergizi ini juga serentak dilaksanakan dan diikuti oleh siswa SMP, SMA dan sederajat dari seluruh Indonesia, Rabu (26/10).

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Kadiknas Muara Enim Irawan Supmidi, Kadinkes Muara Enim diwakili oleh Kabid SDK Indra Syafri dan diikuti secara serentak di 22 wilayah kecamatan oleh 22 Puskesmas se-Kabupaten Muara Enim yang melibatkan 79 SMP dan SMA se-Kabupaten Muara Enim.

 

Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Irawan Supmidi, mengatakan, bahwa Gernas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang pada remaja, meningkatkan kepatuhan remaja putri mengkonsumsi tablet tambah darah, meningkatkan minat remaja untuk melakukan aktivitas fisik 60 menit setiap hari dan mengkonsumsi buah dan sayur serta meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik sehingga dapat belajar tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal.

 

Lebih lanjut, dirinya mengatakan pola hidup sehat yang disoundingkan dalam Gernas ini bertujuan untuk menekan kasus stunting di Kabupaten Muara Enim, yang mana untuk di Provinsi Sumsel sendiri, Kabupaten Muara Enim meraih predikat terbaik dalam menangani kasus stunting di Kabupaten atau Kota se-Sumatera Selatan. 

 

“Melalui Gernas Aksi Bergizi ini, mari bersama-sama memerangi stunting dan menyukseskan Gerakan Nasional Aksi Bergizi,” ajak Irawan.

 

Terpisah, Kadinkes Muara Enim dr Eni Zatila mengatakan, bahwa Gerakan Nasional Aksi Bergizi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah dalam membiasakan untuk mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) dikhususkan bagi remaja putri, konsumsi gizi seimbang dan aktifitas fisik serta mengisi aplikasi CERIA bersama.

 

Kemudian dilanjutkan dengan sesi edukasi melalui permainan interaktif. Rangkaian tersebut tentunya tidak berhenti hanya hari ini saja, tetapi diharapkan dapat berjalan rutin setiap minggu sesuai kesepakatan dan kesediaan dari masing-masing sekolah. Oleh karena itu, peran pimpinan sekolah, guru, orang tua, murid, dan seluruh warga di sekitar sekolah sangat penting.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: