Prodi Gizi Unsri Kampanye Cegah Stunting di Posyandu

Prodi Gizi Unsri Kampanye Cegah Stunting di Posyandu

Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Gizi Unsri menggelar kampanye aksi cegah stunting di Posyandu Melati Deswita Plaju, Sabtu (19/11).---ist

PALEMBANG, PALPOS.ID – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan stunting, Program Studi (Prodi) Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar kampanye aksi cegah stunting. Kegiatan dikemas dalam tajuk Nutrition Camp 2022 yang berlangsung di Posyandu Melati Deswita Plaju, Sabtu (19/11).

“Ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kampung Pangan Inovatif Plaju sebagai Mitra Binaan CSR Pertamina RU III Plaju,” kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Gizi Unsri Anita Rahmiwati SP MSi.

Anita menambahkan, pada Minggu pertama ini kegiatan diisi dengan penyuluhan kesehatan terkait stunting dan cara pemberian makan pada anak yang menjadi kegiatan non fisik dari Nutrition Camp 2022.

“Tujuannya untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat dan produktif. Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi kronis sejak kehamilan, gangguan nutrisi ini menjadi perhatian khusus dari Kementerian Kesehatan lewat kampanye ‘Melawan Stunting’,” jelas Anita.

Sembari memberikan penyuluhan kesehatan mengenai stunting kepada ibu-ibu, anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan ini juga diberi edukasi mengenai gizi seimbang menggunakan media boneka. Karakter boneka Pirzi, Budi dan Andi yang diperankan dan dibuat oleh volunteer bertujuan untuk mengajak anak-anak agar senang mengonsumsi sayur dan buah lewat cerita menarik yang disampaikan

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terkhusus orang tua agar lebih memperhatikan tumbuh kembang anak sehingga dapat mencegah stunting lebih dini,” kata Anita. 

Kegiatan ini melibatkan para dosen dan volunteer yang terdiri dari beberapa orang mahasiswa Prodi Gizi Unsri. Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan staf Puskesmas dan Pertamina RU III Plaju.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis pers