Distan OKU Salurkan 506 Keping Kartu Tani, Ini Targetnya...

Distan OKU Salurkan 506 Keping Kartu Tani, Ini Targetnya...

Kepala Distan OKU, Joni Saihu. -Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), saat ini sudah menyalurkan sebanyak 506 keping Kartu Tani untuk petani di beberapa desa di Kecamatan Lubuk Batang.

"Untuk tahap awal Kartu Tani sudah kami distribusikan kepada petani di Kecamatan Lubuk Batang.

Antara lain Desa Belatung, Karta Mulia, Lubuk Batang Baru dan Desa Lubuk Batang Lama," kata Kepala Distan OKU, Joni Saihu, didampingi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Agus Paharyono, Rabu 23 November 2022.

Dia mengatakan, pendistribusian Kartu Tani terus dilakukan pihaknya ke seluruh desa dengan target sebanyak 8.377 keping yang akan disalurkan secara bertahap tahun ini.

BACA JUGA:Distan OKU Pastikan Kartu Tani Lama Tidak Berlaku Lagi

"Setelah proses cetak oleh BRI sebagai penyalur Kartu Tani langsung dibagikan kepada seluruh petani pemegang kartu," katanya.

Ia menargetkan hingga akhir Desember 2022 sebanyak 8.377 petani di Kabupaten OKU.

Yakni yang terdaftar di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sudah mengantongi Kartu Tani untuk membeli pupuk bersubsidi dari pemerintah.

"Untuk mengejar target kami terus berkoordinasi dengan pihak bank penyalur agar per 1 Januari 2023 nanti seluruh petani di OKU sudah dapat membeli pupuk bersubsidi untuk bercocok tanam," tegasnya.

BACA JUGA:Distan OKU Sebut Ratusan Batang Pohon Duku Mati Akibat Karat Daun

Dia menjelaskan, Kartu Tani baru yang mulai diterbitkan pada Oktober 2022 ini merupakan pengganti kartu lama bergambar tukang traktor yang sudah tidak berlaku untuk membeli pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Para pemegang Kartu Tani lama bergambar tukang traktor dapat melakukan penggantian kartu baru dengan syarat membawa KTP Elektronik.

Kemudian, Kartu Keluarga, Kartu Tani lama dan membawa buku rekening ke Kantor BRI Unit di wilayah masing-masing.

"Terkait kendala teknis pada kartu lama sehingga harus diganti baru ini sudah kami sosialisasikan kepada seluruh petani yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU," kata dia.

BACA JUGA:Ratusan Hektare Pohon Duku di OKU Mati Diserang Hama

Ia memastikan Kartu Tani baru masih sama fungsinya yaitu guna mempermudah petani dalam membeli pupuk bersubsidi untuk tanaman dengan harga terjangkau.

Menurut dia, sistem penyaluran pupuk bersubsidi ini tidak lagi dilakukan secara manual, namun dengan sistem elektronik karena diinilai lebih efektif agar bantuan tepat sasaran.

Para petani dapat membeli pupuk dengan harga terjangkau menggunakan Kartu Tani di 39 kios pengecer di Kabupaten OKU yang sudah dilengkapi mesin EDC per 1 Januari 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: