Inilah 10 Idol Korea yang Wamil di Akhir 2022. Nomor 8 Bikin ARMY Berduka

Inilah 10 Idol Korea yang Wamil di Akhir 2022. Nomor 8 Bikin ARMY Berduka

Jin personel BTS saat akan mengikuti wajib militer beberapa waktu lalu. --instagram @7bts.update2

PALEMBANG,PALPOS.ID- Di Korea Selatan, setiap pria dewasa diwajibkan mengikuti wajib militer (wamil). Pria sudah bisa mendaftar wamil ketika mereka sudah cukup umur dan sehat.  wamil dilakukan oleh pria yang berusia 18 hingga 28 tahun.

Namun, aturan wamil tersebut dikecualikan bagi pria yang memiliki riwayat penyakit. Adapun peraih medali olimpiade dan Asian Games yang juga dikecualikan dalam wamil. Hal tersebut berdasarkan peraturan dari undang-undang baru Korea Selatan. 

Sementara itu, bagi mereka yang pernah berada di penjara selama 6 tahun juga tidak diperbolehkan mengikuti wamil. Nama mereka akan dihapus dari kedinasan.

Di Korea Selatan, Wamil sudah ada sejak tahun 1857 dan dibuat sebagai antisipasi serangan dari Korea Utara. Hingga sekarang Wamil dijalankan oleh para pria Korea Selatan sebagai bentuk pengabdian kepada negara.

BACA JUGA:Lyodra Sabet Penghargaan Asia Artist Award di Jepang

Masa Wamil dilakukan setidaknya selama 18 bulan. Masa ini berbeda-beda tergantung cabang militer tempat mereka ditugaskan, atau bagian tugas aktif dan non aktif yang diberikan  kepada mereka. Bagi cabang Angkatan Darat selama 21 bulan, Korps Marinir selama 21 bulan, dan Angkatan Laut selama 23 bulan.

Mereka dapat menunda Wamil maksimal 2 tahun. Bagi yang memenuhi syarat Wamil tidak boleh menolak. Mereka yang menolak akan dijatuhi sanksi mulai dari denda hingga hukuman penjara.

Walaupun mengikuti wamil dalam waktu yang cukup lama, mereka diberikan hak cuti loh. Cuti biasanya didapatkan selama 4 hari dengan syarat setelah menjalankan 100 hari wamil. Selain cuti pertama, mereka yang menerima promosi jabatan juga diberikan cuti. Biasanya berlaku selama 10 hari. Bagi peserta tetap wamil mereka akan mendapatkan cuti lagi di libur musim gugur.

Satu hal yang perlu dilakukan para pria sebelum menjalankan wajib militer adalah mencukur rambutnya. Biasanya tempat pangkalan militer selalu menyediakan tempat pangkas rambut bagi mereka yang belum sempat pangkas.

BACA JUGA:Ini 6 Drakor Seru Tentang Jurnalisme Investigasi. Asyik Ditonton di Akhir Pekan

Uniknya pada proses pencukuran rambut itu, rambut sisa potongan akan dimasukan ke dalam kantong coklat. Kantong coklat itu akan diberikan kepada keluarga apabila mereka gugur saat menjalankan wamil.

Berikut 10 Idol dan aktor yang mengikuti Wamil akhir tahun 2022 ini.

1. Nam Joo Hyuk

2. Song Kang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: