Sirih Cina Rumput Liar yang Kaya Manfaat. Ini 6 Kegunaannya!

Sirih Cina Rumput Liar yang Kaya Manfaat. Ini 6 Kegunaannya!

Tanaman sirih cina yang banyak manfaat.--PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS ID.- Sirih Cina atau disebut juga dengan ketumpang, memiliki nama ilmiah Peperomia Pellucida.  Sirih Cina ini merupakan tumbuhan liar sejenis rumput yang biasa tumbuh di tanah dan cela-cela batu yang lembab. Sirih Cina ini juga bisa ditemukan di taman bahkan di pekarangan rumah.

Sirih Cina  memiliki daun berbentuk hati, berwarna hijau, dan batang yang lunak. Bila berbunga, bentuknya persis bunga Sirih pada umumnya. Sirih Cina dapat tumbuh dengan   ketinggian sekitar 10-45 cm. 

Meski tumbuh liar dan sebagain orang menganggap tanaman ini tidak lebih dari rumput liar, ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat loh. Bahkan orang-orang dulu banyak menggunakan Sirih Cina ini sebagai bahan obat herbal.

BACA JUGA:Mau Cari Jodoh, Yuk ke Pantai Jodoh Ogan Ilir, Bisa Sampai Nikah Lho

Kok bisa ya ?, Karena di dalam tanaman Sirih Cina ini ternyata banyak mengandung zat yang bergizi dan bermanfaat untuk tubuh. Apa saja? Sirih Cina mengandung protein, karbohidrat, kalsium, lemak, zat besi, dan kandungan bergizi lainnya. 

Sirih Cina juga mengandung agen anti-kanker, antioksidan kuat, dan anti-inflamasi. Karena itu tak heran jika daun Sirih Cina ini sering dijadikan obat herbal.

Penasarankan, Sirih Cina ini bisa untuk obat apa saja. Berikut manfaat Sirih Cina untuk kesehatan yang dikutip dari Halodoc : 

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru 2023, Pedagang Jagung Diserbu

 1. Mengobati Rheumatoid Arthritis atau sakit-sakit pada persendian 

Rebusun yang diekstrak dari batang dan daun sirih cina segar dapat diminum pagi dan malam hari selama beberapa hari tertentu untuk mengatasi sakit-sakit pada persendian. 

2. Mencegah Kanker

Daun sirih cina memiliki kandungan Peperomia E yang baik dan telah terbukti dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Ekstrak dari daun sirih cina juga telah terbukti memiliki agen anti kanker yang cukup baik. 

Ekstrak daun Sirih Cina dapat menghambat pertumbuhan berbagai patogen dan bakteri yang  telah menghambat 30 persen DPPH (2, 2-diphenyl-1-picrylhydrazyl) radikal bebas. DPPH adalah bubuk kristal berwarna gelap yang terdiri dari molekul radikal bebas yang stabil.

BACA JUGA:Unik Banget, Sambut Tahun Baru Keluarga Palembang Ini Keliling Sumatera dengan Kijang Tua
3. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id