Astaga, 12.000 Warga Ogan Komering Ulu Sakit ISPA, Apa Penyebabnya?

Astaga, 12.000 Warga Ogan Komering Ulu Sakit ISPA, Apa Penyebabnya?

Kabid P2P Dinkes OKU, Andi Prapto-Foto: Eko-PALPOS.ID

BATURAJA, PALPOS.ID - Sepanjang tahun 2022, sebanyak 12.000  warga Kabupaten Ogan Komering Ulu dinyatakan terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA.

"Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2021 silam, dimana jumlah penderita ISPA yang terdata di kita mencapai 18 ribu orang," ungkap Kabid P2P Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto, Minggu, 1 Januari 2022.

BACA JUGA:Penjual Ikan Hias di Kayuagung Banjir Rezeki, Segini Omsetnya!

Menurut Andi, banyak faktor yang menyebabkan banyak warga Ogan Komering Ulu terkena ISPA, salah satunya pengaruh dari perubahan cuaca yang tidak menentu.

"Beberapa bulan terakhir cuaca di daerah kita agak ekstrim. Hal ini berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita," tegasnya.

BACA JUGA:Pascakebakaran di Kompleks TNI AL, Dua Bedeng dan Satu Mobil Ludes, Ini Kata Danlanal Palembang...

Untuk itu kata Andi, pihaknya mengimbau kepada warga Ogan Komering Ulu agar menjaga pola hidup bersih dan sehat supaya terhindar dari penularan berbagai penyakit salah satunya ISPA.

"Selain itu jaga pola tidur dan pola makan agar tubuh kita kuat serta bisa menangkal berbagai penyakit," katanya.

BACA JUGA:3 Tips Ini Jaga Softlens Mu Tetap Aman, Simak!

BACA JUGA:Ini 4 Cara Mengetahui Softlens Terbalik, Cocok Buat Pemula!

Penyakit ISPA sendiri ungkap Andi, cukup berbahaya kalau tidak ditangani dengan baik, namun alhamdulilah  sampai hari ini rata-rata penderita ISPA ditangani dengan baik sehingga bisa diobati.

"Belum ada yang sampai meninggal dunia kecuali ada penyakit penyerta. Alhamdulilah untuk di OKU sendiri rata-rata pasiennya bisa diobati dan kini kondisinya sudah sehat semua," tegasnya. **

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id