Singkong Makanan Sehat dan Menyehatkan Tubuh, Simak Manfaat Lain Dari Singkong Disini

Singkong Makanan Sehat dan Menyehatkan Tubuh, Simak Manfaat Lain Dari Singkong Disini

Ilustrasi Singkong setelah di masak-Foto : Istimewa-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Singkong atau di Sumatera Selatan (Sumsel) lebih dikenal dengan nama Ubi Kayu. Disebut Ubi Kayu karena batang atau kayu yang diambil umbinya, makanya diamankan Ubi Kayu.

Singkong atau Ubi Kayu ini merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Beberapa daerah di Indonesia menjadikan Singkong sebagai makanan pokok.

Dibeberapa daerah di Sumsel, terutama pedesaan Singkong menjadi makanan pagi atau sarapan. Karena Singkong atau Ubi Kayu ini selain mengenyangkan, juga dipercaya sebagai   penambah energi untuk memulai pekerjaan di pagi hingga siang hari.

Singkong atau Ubi Kayu sebagai menu utama sarapan pagi biasanya diolah dengan cara sederhana, yakni cukup direbus dan setelah masak bisa langsung dimakan.

Tetapi Singkong atau Ubi Kayu rebus ini akan lebih nikmat bila dimakan bersama sambal cung mentah dan ikan asin atau pundang ikan seluang.  

Buat kamu yang belum pernah mencoba makanan tradisional ini, kamu patut mencobanya. Saya yakin kamu bisa makan banyak alias minta tambah porsi jumbo.

Tetapi, untuk makanan selingan diwaktu istirahat atau istilah kekinian coffe break, Singkong rebus ini diolah dengan kombinasi gula merah.

Cara memasaknya saat merebus Singkong sebelum diangkat tambahkan gula merah di dalam air rebusannya. Lalu biarkan dulu dengan api kecil.  

Setelah gula merah merata dan sudah meresap di dalam Singkong, barulah diangkat dan air rebusan dengan gula merah tadi jangan dibuang. Karena air gula merah itu anggap saja kuahnya. Nama nama masakan ini adalah Tangoli.

Masukan ke Singkong/Ubi Kayu ke dalam piring atau mangkok beserta air gulanya tadi. Lalu Tangoli siap untuk dinikmati.

Ubi Kayu juga bisa dimasak ala ke kini-kinian loh. Namanya telah-telah. Cara membuatnya juga gampang kok.

Kamu rebus dulu singkongnya sampai setengah matang. Biar lebih nikmat, air rebusannya tambahkan dulu bumbu berupa bawang putih, garam, sedikit kunyit plus ketumbar halus atau yang sudah digiling.

Setelah Singkong setengah matang, angkat dan tiriskan. Biarkan Singkong diingin. Setelah itu potong kecil-kwc dan manjang seperti kita memotong ke tang untuk digoreng ya.

Kemudian goreng singkongnya setelah masak angkat dan taburkan bumbu balado atau varian lain yang kamu suka. Telah-telah jadi deh dan makanan Singkong kekinian bisa disantap.

Selain itu Singkong juga nikmat dijadikan keripik pedas dan lainnya. Singkong juga dapat dijadikan beragam masakan lain. Mulai dari masakan tradisional seperti getuk, opak dan lainnya..Singkong juga bisa diolah menjadi makanan ke kinian. Sesuaikan saja sama selerah ya.

Oo ya Singkong atau Ubi Kayu ini ternyata makanan bergizi dan banyak manfaatnya loh. Mau tahu ?

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Palpos.id Singkong ternyata bukan hanya banyak mengandung karbohidrat dan air. Tapi Singkong juga banyak mengandung energi, protein, serat,lemak, kalium, kalsium, vitamin C, dan juga Fosfor.

Singkong juga bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilansir Diskerapang.lebakkab.go.id ada beberapa manfaat Singkong untuk kesehatan yakni ;

1. Penambah Energi

Setiap 100 gram Singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Karenanya, Singkong menjadi sumber energi yang baik bagi Anda yang akan menjalani aktivitas fisik berat.

Aktivitas fisik akan menguras glikogen, bentuk glukosa yang disimpan sebagai cadangan energi. Ketika Anda makan Singkong, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, kemudian diubah lagi menjadi glikogen dan disimpan dalam otot.

Jadi, manfaat Singkong untuk menambah energi tak bisa disepelekan. Wajar jika kemudian Singkong dijadikan menu utama sarapan pagi, ya kan.

 2. Bantu cegah sembelit

Singkong mengandung pati resistan dalam jumlah yang cukup tinggi. Pati resistan termasuk ke dalam jenis serat tidak larut yang kaya akan selulosa.

Jenis serat ini sangat berguna untuk membantu kelancaran pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit. Keberadaaannya juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik yang akan melindungi usus Anda dari peradangan.

Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

 3. Bantu mengendalikan kadar gula darah

Manfaat Singkong juga bisa didapatkan bagi Anda yang memiliki diabetes. Makan Singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Selain itu, kandungan serat mendatangkan manfaat Singkong untuk bantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Kaya akan mineral yang menjaga fungsi jaringan tubuh

Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.

 Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi membantu dalam pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda.

Sementara itu, mangan membantu proses pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks. Kalium diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.

Selain itu, Singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang cukup tinggi. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis. Sedangkan tembaganya dapat menjaga fungsi saraf agar tetap sehat.

 5. Manfaat Singkong untuk kulit

Singkong mengandung vitamin C yang dikenal sebagai zat penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit.  

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Maka dari itu, tubuh memerlukan asupannya dari makanan dengan vitamin C.

Singkong bisa menjadi pilihan yang dapat Anda konsumsi untuk bantu memenuhi kebutuhan.akam Vitamin C.

Nah itu lah informasi seputar Singkong atau Ubi Kayu. Singkong juga diistilahkan tongkat kayu jadi tumbuhan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: