Puncak Musim Hujan, Waspadai Bencana Tanah Longsor

Puncak Musim Hujan, Waspadai Bencana Tanah Longsor

Tiga Hari Diguyur Hujan, satu pohon besar tumbang di pinggir bantaran Sungai Enim-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID  - Memasuki puncak musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim mewaspadai terjadinya bencana tanah longsor dan banjir, Jumat (20/1).

Kepala BPBD Muara Enim H Abdur Rozieq Putra ST MT, menjelaskan, bahwa akhir-akhir ini memasuki bulan Januari  intensitas hujan akan semakin tinggi dan tentu sangat rawan bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan sebagainya.

Untuk di Kabupaten Muara Enim memang ada beberapa titik yang rawan bencana alam seperti banjir
diwilayah Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim, Ujan Mas, Gunung Megang terutama didaerah disepanjang sungai Lematang dan Enim. Sedangkan yang rawan longsor dominan di wilayah kecamatan Semendo Raya.

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Rozieq, pihaknya telah menghimbau kepada pihak terkait terutam masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab, potensi bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Khusus wilayah Kecamatan Semendo Raya, pihaknya telah berkoordinasi dengan kecamatan terutama PUPR untuk standby alat berat di wilayah Samendo Raya sehingga jika ada kejadian cepat ditangani untuk mengevakuasi material longsor
“Warga yang berada di daerah rawan longsor maupun rawan banjir, kita minta untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa hampir di wilayah Kabupaten Muara Enim beberapa hari terakhir terus menerus diguyur hujan. Meski belum ada banjir dan longsor namun cukup menganggu aktifitas warga sehari-hari. Tetapi sudah ada pohon pelindung yang tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: