Peringati Hari Kanker Sedunia, Ini yang Dilakukan Yayasan Kanker Indonesia

Peringati Hari Kanker Sedunia, Ini yang Dilakukan Yayasan Kanker Indonesia

Pengurus YKI Palembang foto bersama usai memberikan edukasi mengenai Kanker, kepada masyarakat. Foto :--Popa

BACA JUGA:Tahun 2022, Stunting di OKI Kembali Mengalami Penurunan, Ini Kata Ketua DPPKB OKI...

Sedangkan dokter Spesialis Bedah Onkologi Payudara, Dr Mulawan Umar mengatakan, kanker payudara pada dasarnya bisa disembuhkan, asal diperiksakan sejak dini.

"Agar masyarakat lebih cepat tahu ada tidaknya kanker ditubuhnya, dia meminta para wanita untuk memperhatikan bila terjadi perubahan pada payudaranya.

Misalnya ada Benjolan,  dan ada perubahan warna kulit payudara (ruam, luka, bisul, kemerahan, lekukan) termasuk puting disekitarnya," ujarnya 

Tanda lainnya yang harus diperhatikan adalah bila kulit terasa gatal disekitar puting, Puting retraksi dan Pendarahan atau keluar cairan dari puting.

BACA JUGA:Palembang Butuh 3000 Vial Vaksin Untuk Booster Kedua

"Nah, kalau ditemukan satu saja dari tanda tanda ini, segeralah melakukan pemeriksaan kedokter. Karena sebetulnya, bila cepat ditangani maka kanker bisa cepat diatasi," ujarnya.

Selain memberikan edukasi mengenai berbagai jenis kanker dan cara pencegahannya, pada kesempatan yang sama dokter-dokter spesialis ini juga melakukan dialog dengan masyarakat yakni dengan cara menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepada mereka.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: